F1FeaturesInternasionalOlahraga

Rio Haryanto Jadi "Reserve Driver" Tim Manor

SEMARANG (SenayanPost.Com) – Pembalap nasional Rio Haryanto akhirnya menerima tawaran dari tim Manor Racing untuk dijadikan “reserve driver” di tim tersebut setelah kontraknya diputus karena tidak bisa memenuhi kewajiban dalam kontraknya.

Media Relations Rio Haryanto, Cep Goldia, melalui surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Kamis (11/8/2016), menginformasikan bahwa Rio dengan senang hati menerima tawaran untuk menjadi “reserve driver” untuk sisa musim 2016.

Dengan status “reserve driver” itu, Rio Haryanto akan tetap berkesempatan untuk kembali bertanding di lintasan jika salah satu dari pembalap utama tidak dapat tampil di lintasan. Selain itu, Rio juga dapat menghadiri rapat-rapat teknis bersama tim dan terus mengenalkan dunia F1 ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Tentu saya berharap bisa tampil hingga akhir musim dan bertanding di sirkuit-sirkuit seperti Spa dan Monza yang tampaknya cocok dengan karakter mobil MRT05. Sebagai satu-satunya wakil dari Asia, saya juga berharap tampil di Grand Prix Singapura, Malaysia, Jepang, dan Abu Dhabi di mana sejumlah supporter dari tanah air sudah tidak sabar untuk datang langsung ke sirkuit,” kata Rio Haryanto.

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim Manor Racing yang telah membuka kesempatan bukan hanya bagi saya sendiri, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki wakil dari tanah air di Kejuaraan Dunia Formula 1,” imbuhnya.

“Tak lupa, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pertamina dan buku tulis KIKY, juga kepada keluarga, manajemen, hingga fans yang tiada hentinya mengirimkan pesan-pesan dukungan. Saya akan berusaha untuk kembali bertanding di F1 secepat mungkin,” sambung Rio Haryanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Manajemen Tim Manor Racing mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak dengan pebalap nasional Rio Haryanto setelah yang bersangkutan tidak mampu memenuhi kewajiban kontrak.

Direktur Komunikasi Manor Racing Tracy Novak dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Rabu (10/8), menyebutkan Manor Racing akan segera mengumumkan tim baru untuk Pascal Wehrlein (pembalap asal Jerman).

Manor Racing menawarkan kepada Rio sebagai “driver” cadangan untuk sembilan putaran tersisa dalam lomba balap mobil F1. Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan Rio telah menjadi anggota tim sejak Januari ketika timnya menandatangani kontrak dengan yang bersangkutan untuk musim ini.

Menurut dia, beberapa waktu lalu, manajemen Rio mengindikasikan bahwa mereka mengalami kesulitan menghormati kewajiban kontrak di luar Grand Prix Hongaria.

“Tim Rio ini telah bekerja tanpa lelah untuk mencoba menyelesaikan situasi dengan pendukung Indonesia dan kami telah mendukung upaya-upaya sebisa mungkin, termasuk memungkinkan Rio untuk balapan di Jerman,” katanya.

Pihaknya mencapai titik di mana untuk kepentingan terbaik dari tim, terpaksa mengeksplorasi pilihan lain untuk sisa musim ini.

“Kami sangat senang untuk melanjutkan dukungan kami untuk Formula 1 ambisi Rio, dengan menawarkan dia peran ‘driver’ cadangan untuk sisa musim ini. Kami sangat berharap bahwa ia akan menerima tawaran itu,” katanya. (ANT)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close