Ridwan Kamil Minta Anies Konsultasi ke Pusat Soal PSBB Total

Ridwan Kamil Minta Anies Konsultasi ke Pusat Soal PSBB Total
Ridwan Kamil

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyarankan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan agar berkonsultasi dengan pemerintah pusat sebelum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total.

Emil, panggilan Ridwan Kamil menyatakan pihaknya menggelar rapat bersama kepala daerah di wilayah Jabodebatek dan Tangerang pada Kamis (10/9) lalu. Dalam rapat tersebut Anies menyampaikan rencananya melakukan PSBB total, dan meminta tanggapan dari wilayah tetangga.

"Kita ini sudah diputuskan Jabar strateginya terbagi dua, strategi Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) dan strategi non Bodebek. Kalau Bodebek itu harus satu frekuensi, kalau Pak Anies ke kiri maka kita ikut ke kiri, kalau Pak Anies ke kanan semata-mata karena klaster covid Jabar juga cukup paling besar hampir 70 persen ada di Bodebek," ujarnya ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jumat (11/9).
 
Adapun wilayah Bodebek yang bertetangga dengan DKI Jakarta, menurut Emil, masih menerapkan status PSBB proporsional. Kebijakan yang ada di DKI akan diikuti juga di Jabar terutama wilayah Bodebek.

"Jadi akan menyesuaikan, yang ada hubungan dengan dibatasinya di Jakarta maka di Bodebek akan menyesuaikan. Tapi kan ekonomi Bodebek tidak hanya urusan dengan Jakarta, ada ekonomi yang kemandirian saya kira itu akan dilakukan," ucapnya.

Dalam rapat tersebut Ridwan Kamil mengaku meminta Anies berkonsultasi dengan pusat mengingat kebijakan PSBB total punya dampak yang serius.

"Saya menyarankan ke gubernur Jakarta agar mengonsultasikan lebih mendalam ke pemerintah pusat. Karena setiap kebijakan di Jakarta tentu berhubungan dengan dampak di level nasional," katanya.