Internasional

Ricuh, Massa Demonstran Bakar Kedutaan Besar AS di Irak

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sekumpulan massa di Ibu Kota Baghdad, Irak, hari ini menerobos masuk ke kompleks kedutaan Amerika Serikat yang dijaga ketat aparat keamanan.

Mereka marah dan memprotes serangan udara AS yang menewaskan sedikitnya 25 milisi Irak yang didukung Iran pada Minggu malam.

Massa pendukung milisi Irak itu menggedor gerbang depan dan membakar area penerima tamu di kedutaan hingga memaksa aparat keamanan menembakkan gas air mata.

Saksi di lapangan melaporkan api terlihat membubung dari kompleks kedutaan dan sedikitnya tiga tentara AS berada di atas atap di bangunan utama kedutaan. Duta besar AS untuk Irak dan sejumlah staf kedutaan sudah dievakuasi.

Sejumlah orang juga memanjat tembok kedutaan. Mereka meneriakkan “Mampuslah Amerika!” seraya melemparkan botol, batu, dan menghancurkan kamera pengawas di kedutaan. Massa juga mencoret tembok kedutaan meminta AS menarik pasukannya dari Irak.

Pelaksana tugas Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi mengatakan massa harus segera meninggalkan kompleks kedutaan.

“Kami ingatkan lagi, segala bentuk agresi atau perusakan kedutaan asing akan ditindak tegas aparat keamanan,” kata kantor perdana menteri beberapa jam setelah massa berunjuk rasa.

Massa pendemo mengibarkan bendera milisi Hasd al-Shaabi (PMF) yang di dalamnya termasuk Kataib Hizbullah.

Militer AS Minggu malam lalu melancarkan serangan udara terhadap milisi Kataib Hizbullah yang didukung Iran. AS menyebut serangan itu adalah balasan atas tewasnya kontraktor AS dalam serangan roket di pangkalan militer Irak.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close