Infotainment

Richard Gere Kunjungi Pengungsi Terdampar di Laut Mediterania

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Aktor Amerika Serikat, Richard Gere, Jumat 9 Agustus 2019 mengunjungi 121 migran yang terdampar selama sepekan terakhir di sebuah kapal penyelamat di Mediterania, ketika eksekutif Uni Eropa mendesak negara-negara anggota untuk menunjukkan solidaritas dalam menemukan solusi.

Dilansir kabar24.bisnis.com, Jumat (9/8/2019), Bintang Hollywood berusia 69 tahun ituĀ tiba di kapal dilengkapi dengan spanduk bertuliskan “Anda tidak sendirian,” dengan membawa air dan persediaan lainnya. Gere kemudian berbicara kepada beberapa migran tentang pengalaman mereka melarikan diri dari Libya yang dilanda perang.

“Yang paling penting bagi orang-orang ini di sini adalah untuk bisa mendapatkan pelabuhan gratis, turun dari kapal, untuk mendarat dan memulai kehidupan baru,” kata Gere seperti dilansirĀ Reuters, Sabtu (10/8/2019).

Para migran yang dikunjungi Gere termasuk 32 anak di bawah umur, diselamatkan Kamis lalu oleh badan amal yang berbasis di Barcelona dan kapal itu sekarang mengambang di perairan internasional di dekat pulau Italia Lampedusa. Nasib para migran ini belum menemui kejelasan sejak Italia dan Malta menolak permintaan untuk menampung mereka.

Pihak berwenang Italia sebelumnya berselisih dengan kelompok-kelompok kemanusiaan yang menampung migran dari pantai Libya dengan tujuan membawa mereka ke Italia. Kelompok-kelompok kemanusiaan ini mencegah para migran untuk berlabuh ke negara-negara Uni Eropa lainnya dan setuju untuk menyediakan tempat bagi sebagian besar dari mereka.

Awal pekan ini juru bicara Parlemen Eropa David Sassoli mendesak Komisi Eropa untuk membantu para migran. Dia menekankan, jika Eropa tidak mampu menawarkan perlindungan kepada para migran, berarti bahwa mereka telah kehilangan hati nurani.

Pada hari Jumat juru bicara Komisi Eropa Annika Breidthardt mengatakan belum memulai koordinasi mengenai masalah ini karena tidak ada permintaan untuk melakukannya dari negara anggota Uni Eropa.

“Namun, kami secara independen dari surat yang diterima dari presiden Parlemen Eropa, menjangkau negara-negara anggota yang meminta mereka untuk menunjukkan solidaritas, dan untuk berkontribusi dalam menemukan solusi bagi orang-orang di atas kapal,” katanya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close