Lintas Daerah

Ribuan Warga Yogya Sowan Sri Sultan dan Sri Paku Alam

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Hari pertama masuk kerja, dua raja di Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Paku Alam X,menggelar syawalan di Bangsal Kepatihan, Jalan Malioboro/Jalan Suryotomo, Yogyakarta, Kamis (21/6/2018).

Tidak hanya jajaran ASN di lingkungan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta saja yang mengikuti kegiatan ini, namun ribuan warga Daerah Istimewa Yogyakrta pun ikut berbaur.

Pada acara ini Sri Sultan didampingi istrinya, Gusti Kangjeng Ratu (GKR) Hemas, serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) KGPAA Paku Alam X tampak menerima warga sejak pukul 09.00 WIB. Meski demikian, ribuan warga sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

“Kami perkirakan warga yang datang mencapai 4.000 orang,” kata Kepala Bidang Humas Diskominfo DIY Iswantoro di sela acara itu.

Menurut Iswantoro, selama ini tidak ada undangan khusus yang diedarkan mengenai acara itu. Menurut dia, selain di informasikan melalui media massa, sebagian besar warga Yogyakarta sudah terbiasa dengan agenda open house yang digelar secara rutin tersebut.

“Acara ini digelar sebagai wujud manunggaling kawula gusti artinya wujud kebersamaan antara pimpinan yakni Pak Gubernur sekaligus sebagai Raja terhadap rakyatnya yang menjalin silaturahim di antaranya melalui acara ini,” kata dia.

Poniyem, warga Playen, Kabupaten Gunungkidul, mengungkapkan kedatangannya ingin bertemu Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Setelah ketemu dan berjabat-tangan dengan ‘Ngarsa Dalem’, Ny Poniyem mengaku senang dan bahagia.

Kegembiraan warga Playen, Gunungkidul ini memang cukup beralasan, karena selama ini ibu setengah baya ini mengaku belum pernah bertemu apalagi bertatap muka dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Seneng rasanya bisa ketemu dan salaman dengan Ngarsa Dalem beserta permaisuri GKR Hemas,” katanya girang. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close