Lintas Daerah

Ribuan Umat Katolik Ikuti Perayaan Misa Malam Paskah di HKTY

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ribuan umat Katolik, Sabtu (31/3/2018) malam mengikuti perayaan Misa Malam Paskah di salah satu gereja tertua di Jawa, Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) di Ganjuran, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Misa Paskah atau kebangkitan Yesus ini dipimpin tiga pastor atau Tri Romo, Romo A. Eko Pr,  Romo G. Utomo dan Romo Marno.

Misa Malam Paskah diawali dengan upacara pemberkatan lilin Paskah yang dipimpin oleh Romo Eko. Lilin Paskah yang telah menyala selanjutnya api lilin Paskah dibagikan kepada umat yang telah menyiapkan lilin.

Usai upacara pemberkatan lilin Paskah umat diajak mendengarkan dan merenungkan bacaan dari Kitab Kejadian, Kitab Keluaran hingga Injil Markus.

Injil Markus dikisahkan Maria Magdalena, Maria ibu dari Yakobus dan Saloma mendatangi makam Yesus. Namun pintu makam telah terbuka dan di dalam makam terdapat seorang pemuda menggunakan pakaian serba putih (malaikat) yang memberitahukan bahwa Yesus telah bangkit dan kini berada Galelia dan meminta ketiganya untuk segera pulang dan memberitahukan kabar itu kepada para muridnya. Ketiganya ketakutan dan langsung meninggalkan makam Yesus tanpa bisa berkata apa-apa.

Dalam pesan Paskahnya Romo A. Eko Pr mengatakan Yesus yang telah bangkit ibarat lilin yang menerangi dunia maka bagi umat katolik juga harus bisa meladani apa yang dilakukan Yesus.

“Ibarat kita mengangkat lilin sebesar jari itu sangat berat apalagi menyala. Namun jika tidak mengangkat tinggi lilin maka lilin hanya menerangi kita sendiri dan orang lain tetap gelap,” ujarnya.

Umat katolik kata Romo Eko harus bisa menjadi berkah bagi sesamanya, bagi yang miskin dan bagi yang menderita.

“Yesus rela mati disalib untuk menevus dosa manusia maka sebagai pengikut Yesus kita bisa menjadi berkah bagi orang lain,” ucapnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close