Lintas Daerah

Ribuan Santri Berebut Mengangkat Keranda KH Sholeh Qosim Menuju Pemakaman

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Ribuan petakziah menyalatkan jenazah almarhum KH Sholeh Qosim yang wafat Kamis (10/5/2018) pukul 18.00 WIB di Masjid Pondok Pesantren Bahauddin Al-Ismailiyah, Ngelom Sidoarjo, usai salat Jumat (11/5/2018).

Usai disalatkan, ribuan petakziah yang datang sejak pagi itu terus merangsek masuk areal masjid untuk turut memanggul keranda jenazah kiai Sholeh menuju makam keluarga yang berada tepat di sisi masjid pondok.

Berdesak-desakan pun tak bisa dihindarkan lagi, sampai-sampai para takmir masjid dan petugas banser harus bekerja keras mengindari kericuhan.

Ribuan pelayat berebutan ingin mengangkat keranda yang membawa jenazah almarhum ke tempat pemakaman. Prosesi pemakaman dipimpin oleh Rois Syuriah NU Sidoarjo KH Rofiq Siradj.

Menurut KH Rofiq Siradj, KH Sholeh Qosim seorang figur kyai yang berpengaruh dan disegani oleh semua ulama. Almarhum tenaganya semasa hidup selalu dibuat untuk kemaslahatan ummat.

“Beliau selalu rutin mengisi pengajian di berbagai tempat. Ilmu almarhum sangat tinggi dan selalu terlihat tawadlu,” katanya.

Almarhum, tambah KH Rofiq Siradj, kyai yang disegani oleh seluruh kyai di Indonesia. Beliau semasa mudanya adalah pejuang Hizbullah dalam membela atau untuk merebut Kemerdekaan RI.

“Almarhum kyai yang alim,” tutur kyai Kedungcangkring Jabon itu. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close