Lintas Daerah

Ribuan Rumah di Pekalongan Terendam Rob, Ratusan Warga Mengungsi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ribuan rumah di Kabupaten dan Kota Pekalongan terendam banjir air pasang atau rob, Senin (1/6/2020) sore. Ketinggian muka air hingga setengah meter itu memaksa ratusan warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Selain merendam ribuan rumah warga, limpasan air pasang laut itu juga menggenangi hamper seluruh ruas jalan dalam kota. Akibat bencana itu, aktivitas warga lumpuh total.

Sejumlah pengendara motor yang nekat menerjang banjir rob pun harus mendorong kendaraannya akibat mati mesin.

Warga Pekalongan, Arif mengaku, banjir masuk ke rumah setinggi 50 cm lebih. Menurut dia, banjir rob kali ini merupakan yang terparah.

“Baru kali ini seumur hidup banjir rob masuk rumah. Tadi semua barang diselametin sih terutama barang elektronik. Sekarang mau ngungsi karena ada bayi juga,” kata Arif.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Saminta mengatakan, kondisi rob saat ini paling parah. Saat ini, tim BPBD sedang berusaha mendata sambil mengevakuasi warga terdampak.

“Banjir hingga kini masih tinggi dan proses evakuasi masih berjalan. Kami (pemkot) sedang berusaha untuk menyalurkan bantuan makanan juga,” katanya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close