Lintas Daerah

Ribuan Mahasiswa Ubaya Main ‘Card Game” Bersama Raih Rekor MURI

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Ribuan mahasiswa baru Universitas Surabaya memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) bermain “card game” dengan peserta terbanyak di sela peringatan HUT Republik Indonesia ke-73 di kampus Ubaya Jumat (17/8/2018).

Ketua Masa Orientasi Bersama (MOB) 2018 Aris Surya Putra mengatakan, permainan yang dinamakan kartu “Dunia Kampus” itu terdiri atas Kartu Sahabat dari beragam daerah, Kartu Aktivitas, Kartu Ormawa, Kartu Kewirausahaan, Kartu Perkuliahan dan dimainkan oleh 3-5 orang/kelompok dan mensimulasikan proses yang akan dijalani dari awal perkuliahan sampai wisuda.

“Sepanjang permainan, mahasiswa dapat memilih Kartu Sahabat yang memiliki latar belakang berbeda-beda dari suku, ras, aktivitas dan sebagainya dan akan memainkan empat tahap seperti yang ada pada perkuliahan,” katanya.

Tahap awal permainan kartu diibaratkan seperti tahun pertama perkuliahan. Pemain mendapatkan satu Kartu Sahabat sebagai bonus dan masing-masing memilih dua Kartu Aktivitas yang diulang sampai tiga kali. Tahun pertama ditutup dengan penilaian Kartu Aktivitas tiap pemain.

“Bagi yang memiliki jenis-jenis Kartu Aktivitas terbanyak, dia yang akan mendapatkan poin sesuai yang ditetapkan,” ujarnya.

Selanjutnya masuk dalam tahun ke-2 perkuliahan yang terdapat tahap evaluasi, sesuai dengan siklus akademik di Ubaya. Tiap pemain minimal memiliki tiga Kartu Perkuliahan dan satu Kartu Ormawa, jika tidak mereka harus berhenti dari permainan atau terkena “drop out” (DO).

Bagi pemain yang memenuhi syarat evaluasi, mereka berhak mendapatkan Kartu Beasiswa dan Kartu Juara sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah itu, tahun kedua ditutup dengan penilaian Kartu Aktivitas kembali dan terus dilanjutkan hingga tahap ke-4.

Wakil Rektor III Ir Hudiyo Firmanto PhD mengemukakan, kegiatan itu merupakan salah satu metode inovasi belajar yang dilakukan Ubaya melalui penyampaian kehidupan kampus dan apa yang akan mahasiswa baru hadapi.

“Yang dikenalkan bukan hanya kegiatan akademik yang akan dihadapi tapi semua pernah-pernik kehidupan kampus. Termasuk belajar tentang keberagaman karena mereka akan bertemu teman dengan berbagai daerah, etnis dan agama juga aktivitas yang akan dijalani,” ujarnya.

Dengan kegiatan itu, mahasiswa baru dari berbagai daerah dan berbagai latar belakang bersama akan mengajarkan miniatur kehidupan bermasyarakat.

Manajer MURI Triyono mengatakan kegiatan ini masuk rekor muri ke-8.578 karena sebelumnya belum pernah ada jadi sistem perkenalan perkuliahan bagi mahasiswa baru dengan bentuk permainan kartu.

“Sudah banyak rekor, tapi ini memang belum pernah ada. Diharapkan dari permainan ini mahasiswa dari Ubaya bisa mengenal sistem perkuliahan yang ada. Banyak pembekalan menghadapi perkuliahan yang ada,” ujarnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close