Lintas Daerah

Ribuan Lalat Serang Pemukiman Warga Jombang

JOMBANG, SENAYANPOST.com – Ribuan lalat yang menyerbu pemukiman meresahkan warga Dusun Karangtimongo, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Hal itu sudah terjadi sejak dua minggu terakhir ini.

Warga menduga munculnya ribuan lalat itu dari peternakan ayam milik PT Charoen Phokpan Jaya Farm yang ada di dusun tersebut.

“Setiap hari ada ribuan lalat masuk rumah,” kata Satriya Budi, warga Perumahan Metro Graha, Selasa (3/4/2018).

Satriya mengatakan, untuk menghindari serbuan lalat, pintu dan jendela rumah harus tertutup rapat. Selain itu, warga juga harus memberi jebakan lem, agar lalat tidak banyak tersebar. Namun demikian, masih saja ribuan lalat menyerbu.

“Sehari menghabiskan tujuh lembar jebakan lalat,” katanya.

Ribuan lalat yang masuk rumah itu kemudian hingga di makanan. Tentu saja, ada beberapa warga yang mual dan diare usai menyantap makanan di rumah. Lagi-lagi, warga harus menutup makanan dengan tudung saji dengan rapat.

Kepala Dusun Karangtomingo, Hadi Mulyo, membenarkan fenomena itu. Bahkan dirinya sudah menyampaikan keluhan warga ke lokasi peternakan PT Charoen Phokpan Jaya Farm.

Namun oleh pihak peternakan, warga hanya diberi lembaran lem jebakan lalat setiap rumah. Selain itu hanya disemprot obat sekali.

“Serangan lalat tahun ini lebih parah dari tahun- tahun sebelumnya. Kami semua resah,” kata Hadi.

Ketika wartawan hendak konfirmasi terkait masalah itu ke PT Charoen Phokpan Jaya Farm, petugas keamanan melarang. “Mohon maaf tidak boleh masuk dan mengambil gambar,” ujar Satpam PT Charoen Phokpan Jaya Farm, Shofi’i. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close