Politik

Antusiasme Massa PKPI Ikut Ambil Nomor Urut Partai ke KPU

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Atmosfer kegembiraan terlihat pagi ini di kantor DPP Partai Keadilan dan Persatuan (PKPI), Jalan Diponegoro, Menteng Jakarta Pusat.

Maklum saja, partai yang dipimpin oleh AM Hendropriyono ini akan menerima nomor urut peserta Pemilu 2019, setelah memenangi gugatan di PTUN, Rabu (11/4/2018) kemarin.

Putusan itu membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyatakan PKPI tidak lolos menjadi peserta pemilu. Dengan demikian PKPI masuk dalam daftar partai peserta Pemilu 2019.

BACA JUGA: Besok PKPI Terima Nomor Urut Peserta Pemilu 2019

Pantauan SenayanPost pagi ini, tampak ribuan kader dengan mengenakan berbagai atribut partai sudah ramai berkumpul di kantor DPP PKPI.

Tujuan mereka satu, bersama-sama dengan Ketua Umum AM Hendropriyono berangkat ke KPU untuk mengikuti prosesi pengambilan nomor urut partai.

Prosesi pengambilan nomor urut PKPI rencananya dilakukan pada pukul 09.30 WIB.

Massa PKPI berkumpul untuk persiapan menuju Gedung KPU di jalan Imam Bonjol (Foto: Miftahul Ulum/SenayanPost)

“Kami akan berjalan ramai-ramai dari kantor PKPI di Jalan Diponegoro menuju Gedung KPU di Jalan Imam Bonjol,” kata Sekjen PKPI Imam Anshori Saleh.

Untuk diketahui, PKPI lolos sebagai peserta pemilu setelah Hakim PTUN membatalkan surat keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018. Surat keputusan itu menyatakan PKPI tak lolos menjadi peserta pemilu 2019.

PKPI awalnya dinyatakan urung ikut pemilu karena tidak mampu melengkapi beberapa persyaratan. Partai itu lalu melayangkan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), namun kalah dalam sidang.

Pasca menelan kekalahan di jalur sidang sengketa pemilu, PKPI mengajukan gugatan ke PTUN. Majelis hakim pengadilan itu pun mengabulkan gugatan PKPI.

Keputusan PTUN menggenapkan jumlah peserta pemilu 2019 menjadi 20 parpol, termasuk partai lokal di Aceh. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close