Ribuan Foto Syur Selir Raja Thailand Bocor 

Ribuan Foto Syur Selir Raja Thailand Bocor 
Selir Raja Thailand

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Ribuan foto-foto syur selir Kerajaan Thailand, Sineenat "Koi" Wongvajirapakdi, bocor ke tangan seorang jurnalis lepas dan aktivis.

Seperti dilansir Euro Weekly News, Kamis (26/11), jurnalis Andrew MacGregor Marshall menyatakan menerima sebuah kartu penyimpan data dari pihak tidak dikenal yang berisi sekitar 1.450 foto, yang diduga berasal dari tiga ponsel iPhone milik Sineenat.

Menurut Marshall, sebagian besar foto itu memuat gambar swafoto sang selir tanpa busana. Dia menduga Sineenat mengirimkan foto itu khusus untuk Raja Thailand, Rama X Maha Vajiralongkorn.

Marshall mengatakan melalui Twitter bahwa foto-foto dia terima pada Agustus lalu, tidak lama setelah Sineenat dibebaskan dari penjara perempuan di Bangkok. Dia mengatakan alamat pengirim kartu memori itu palsu. Namun, di dalamnya berisi surat yang mengklaim pengirimnya adalah peretas Thailand yang bertentangan dengan kerajaan.

Akan tetapi, Marshall yang kerap mengamati perpolitikan Negeri Gajah Putih tidak meyakini hal itu. Dia menduga skandal itu terjadi akibat ada upaya perebutan kekuasaan di tubuh kerajaan.

"Foto-foto itu nampaknya memang berasal dari ponsel pribadi Koi (julukan Sineenat). Sebagian besar foto itu sepertinya dia ambil sendiri, dan banyak juga yang memperlihatkan muatan cabul. Nampaknya dia mengambil sendiri foto itu untuk kemudian diberikan kepada Vajiralongkorn," kata Marshall, seperti dilansir Mothership.

Foto-foto syur Sineenat juga diterima oleh aktivis Thailand yang juga mengajar di Universitas Kyoto, Pavin Chachavalpongpun. Dia bahkan mengunggah sejumlah foto Sineenat melalui akun Facebooknya.

Raja Vajiralongkorn mencabut seluruh gelar Sineenat beberapa waktu lalu, dan menjebloskannya ke penjara. Saat itu dilaporkan Sineenat disebut tidak setia dan ingin mendapat kedudukan yang setara dengan Permaisuri Suthida, yang merupakan istri keempat raja.

Akan tetapi, Raja Vajiralongkorn memutuskan mengampuni Sineenat dan mengembalikan seluruh gelarnya. Setelah itu, Sineenat disebut terbang ke Jerman untuk menemani Raja Vajiralongkorn.

Menurut Marshall, banyak abdi dalem istana kerajaan Thailand yang mendukung Permaisuri Suthida dan Putri Bajrakitiyabha keberatan dengan pembebasan Sineenat. Selain itu, diduga skandal foto syur itu adalah upaya untuk melakukan sabotase terhadap sosok Sineenat.

Marshal juga menolak membeberkan foto-foto itu. Namun, foto-foto itu keburu disebar oleh pihak lain di internet. Pemerintah Jerman dilaporkan menegur Raja Vajiralongkorn yang disebut memerintah dari negara itu. Mereka bahkan mengancam bakal melarang Raja Vajiralongkorn menginjakkan kaki di Jerman jika ketahuan melanggar aturan.

Hal ini bukan kejadian baru di Thailand. Pada 2007 silam, video istri ketiga Raja Vajiralongkorn, Srirasmi Suwadee, sedang melakukan hubungan intim juga bocor.