Rhoma Irama Beberkan Kedekatannya dengan Rita Sugiarto

Rhoma Irama Beberkan Kedekatannya dengan Rita Sugiarto

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Raja Dangdut Rhoma Irama kembali berduet dengan Rita Sugiarto lewat lagu “Tulus Hati Luhur Budi”.

Duet ini tentu sudah dinanti-nantikan penggemar Rhoma maupun Rita, karena kolaborasi mereka telah menghasilkan puluhan karya, yang masih disukai hingga saat ini.

Kembali dipersatukan dengan Rita Sugiarto, Rhoma Irama mengaku sangat senang. Pun sebaliknya, bagi Rita, kembali duet dengan Si Raja Dangdut adalah momen yang dinanti-nantikan sejak lama.

Dalam konfrensi pers rilis lagu “Tulus Hati Luhur Budi”, wartawan pun penasaran dengan hubungan Rhoma Irama dan Rita Sugiarto. Apakah mereka berpisah karena ada konflik, Rhoma dengan tegas membantahnya.

“Rita ini seperti adik sendiri. Dari awal karier beliau, sempat tinggal di rumah saya. Dia sering siapkan sarapan saya, makan siang saya, membantu almarhumah (Veronica, istri pertama Rhoma Irama),” ungkap Rhoma Irama.

Selain itu, Rita Sugiarto juga bukan hanya rekan duet bagi Rhoma. Saat itu, Rita termasuk anggota grup Soneta, yang ikut kemana pun Rhoma dan Soneta show ke berbagai kota dan daerah.

“Saya lihat dia punya potensi vokal yang bagus. Kami mengadakan banyak rekaman dan tur show Soneta hampir ke seluruh Indonesia. Setelah off sama Elvy Sukaesih, kedua adalah Rita,” ungkap Rhoma Irama.

Rita Sugiarto bergabung dengan Soneta pimpinan Rhoma Irama pada 1976. Kemudian tahun 1981, Rita hengkang dengan memilih bersolo karier dan membentuk Band Jekta bareng almarhum suaminya saat itu, Zacky Zimah.

“Saya support banget (Rita Sugiarto bersolo karier). Selain dia pandai nyanyi, tapi pandai membuat lagu. Rupanya Jekta sudah bubar, dia kembali solo karier melanglang buana ke berbagai macam grup. Sekarang akhirnya kami dipertemukan dengan Bapak M Abdul Hadi (produser),” ujar Rhoma Irama.

Rita Sugiarto membenarkan apa yang disampaikan Rhoma Irama. Baginya, Rhoma adalah sosok guru sekaligus kakak yang sangat berpengaruh dalam membentuk dirinya sebagai salah satu penyanyi dangdut terbaik di Tanah Air.

“Secara batin saya merasa tidak terpisah dengan Bang Haji dan Soneta. Saat itu (hengkang dari Soneta) saya ingin mandiri. Tapi saya suatu saat memang ingin kembali berkolaborasi dengan Bang Haji. Karena bagi saya, karya Bang Haji dan menginspirasi sampai sekarang,” tutur Rita Sugiarto.