Reuni Tiga Sahabat di Kabinet Jokowi

Reuni Tiga Sahabat di Kabinet Jokowi
Foto Jadul Erick Thohir, Sandiaga Uno dan M. Lutfi. Foto/Istimewa

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Tiga orang sahabat lama itu kini sama-sama jadi menteri usai Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet pemerintahannya di periode kedua ini. 

Mereka adalah Erick Thohir yang lebih dulu menjabat Menteri BUMN, dan kini Sandiaga Uno menjabat Menparekraf, serta M Lutfi yang menjabat Menteri Perdagangan.

Sebelum bersama di kabinet, ketiganya merupakan sahabat dalam merintis dan mengelola bisnis. Tapi dalam Pilpres 2019 lalu, mereka sempat berbeda perkubuan. 

Tapi politik memang dinamis. Adakalanya berseberangan lalu ada saatnya kembali bergandengan. Seperti itulah yang dijalani tiga sekawan ini, Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan M Lutfi.

Dalam Pilpres 2019, Erick Thohir dan M Lutfi berada di kubu Jokowi, yang akhirnya kembali terpilih menjadi Presiden.

Sementara Sandiaga Uno, berada di kubu seberangnya dengan mencalonkan diri menjadi wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Ketiganya kini dipersatukan lagi setelah Presiden Jokowi merombak kabinetnya. Jokowi melakukan reshuffle kabinet dan hari ini mengenalkan menteri-menteri barunya.

"Saya bersama-sama dengan Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi.

Mengutip kumparan, Muhammad Lutfi, yang sebelumnya menduduki posisi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, dipilih menjadi Menteri Perdagangan. Jabatan itu pernah dia emban saat pemerintahan era Presiden SBY.

Sementara Sandiaga Uno, didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Adapun Erick Thohir, tetap di posisinya menjadi Menteri BUMN.

Meskipun sempat berbeda dalam politik, persahabatan mereka tetap terjaga. Wajar saja, persinggungan ketiganya terjalin jauh sebelum ingar-bingar Pilpres 2019.

Sandiaga Uno dan Erick Thohir sudah saling mengenal sejak kecil karena sama-sama menyukai basket dan masuk di tim yang sama. Sementara bersama Lutfi, Erick menempuh pendidikan Ekonomi di Purdue University, Amerika Serikat.

Persahabatan mereka juga merambah ke bisnis. Erick Thohir, Sandiaga Uno, Lutfi membangun Mahaka Group. Selain mereka, pendiri Mahaka juga ada Wishnu Wardhana dan Rosan P. Roeslani.

Ketiga sahabat ini sekarang semacam 'reuni'. Mereka dipilih menjadi menteri di kabinet Jokowi.