Lintas Daerah

Retas dan Perjual belikan Akun Grup Facebook, Pelajar SMA di Makassar Ditangkap

MAKASSAR, SENAYANPOST.com  – Seorang pelajar SMA salah satu sekolah di Makassar, Sulawesi Selatan, harus berurusan dengan polisi. Dia ditangkap atas tuduhan kejahatan informasi dan transaksi elektronik (ITE).

Seperti dikutip inews, pelaku yakni berinisial JJ (17). Dia dibekuk Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel setelah meretas dan mengambil alih beberapa akun grup Facebook. Setelah dikuasai, akun grup itu diperjualbelikannya secara online seharga Rp500.000 hingga Rp1 juta.

Kepala Subdit Cyber Crime Polda Sulsel AKBP Musa Tampubolon mengatakan, pelaku telah melancarkan aksinya sejak dua bulan silam. Dia berhasil mengambil alih enam akun grup Facebook dengan jumlah anggota mencapai ratusan ribu. Selain Facebook, beberapa akun Insagram dan Youtube juga dia ambil alih untuk diperjualbelikan dan mendapat keuntungan.

“Akun grup ini dijual Rp500.000. Jadi bukan karena nilainya cuma segitu, tapi ini pelanggaran terhadap UU ITE,” ujar Musa di Mapolda Sulsel, Selasa (30/7/2019).

Pengakuan pelaku JJ, dia mempelajari kemampuan meretas secara otodidak dari internet (Youtube). Untuk satu akun grup, dia membutuhkan waktu paling lama 60 menit sampai bisa menguasainya.

“Jadi setelah berhasil masuk dan menjadi admin grup, saya tendang (keluarkan) semua admin yang lama. Kemudian saya tawarkan akun grup itu untuk dijual ke media sosial,” kata JJ.

Selain mengamankan JJ, polisi juga menangkap mahasiswa asal Palembang, Sumatera Selatan, berinisial DA. Dia merupakan pembeli dari akun grup Facebook yang dijual pelaku JJ.

“Uang hasil penjualan akun grup itu saya pergunakan untuk membiayai sekolah,” ucap JJ.

Hingga saat ini, kedua pelaku masih diamankan di Mapolda Sulsel beserta barang bukti tiga unit ponsel dan beberapa screenshot group akun Facebook yang diretasnya. Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan dengan UU ITE dengan ancaman 8 tahun penjara dan denda Rp800 juta.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close