Politik

Respons BW soal Pemilu Terburuk, Bawaslu: Buruknya di Mana?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Bawaslu Abhan merespons pernyataan Ketua Tim Hukum BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto (BW) yang menyebut Pemilu 2019 sebagai pemilu terburuk sepanjang sejarah Indonesia.

Justru menurut Abhan, penyelenggaraan Pemilu 2019 merupakan paling transparan dari pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kalau menurut kami ya tidak, kalau menurut penyelenggara ini yang paling transparan. Pemilu ini sangat transparan, semua bisa dilihat, buruknya di mana?” kata Abhan di Jakarta, Selasa (25/8).

Abhan menegaskan Pemilu 2019 dijalankan dengan menjunjung tinggi nilai transparansi dan independen. Sehingga tidak dapat disamakan dengan tuduhan berikutnya, yakni pemilu 2019 lebih buruk dari pemilu orde baru.

“Enggak mungkinlah (lebih buruk dari orde baru), lah wong ini penyelenggaranya jelas, independen, transparan, proses sejak awal di kecamatan dilihat, di kabupaten dilihat, ya semua publik bisa lihatlah,” kata Abhan.

Meski begitu, Abhan tidak menutup kemungkinan jika masih ada banyak kekurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Tapi melalui kekurangan tersebut, Abhan tidak sepakat jika pemilu tahun ini dikatakan terburuk.

“Kalau ada kekurangan iya, yang namanya manusia tidak sempurna,” jelas Abhan.

Abhan menganggap, kekurangan dalam pemilu sudah mampu diatasi dengan baik. Salah satu contohnya adalah saran Bawaslu untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Kalau dengan kami membuat rekomendasi sekian PSU nah ini kan bagian dari ada yang salah, dibenarkan, ya, enggak terburuk,” pungkas Abhan.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close