Renovasi Selokan Tiga Wahana Permainan Air di GLZoo Distop Sementara

18:30
153
Kolam Mayang Tirta menyusut airnya karena adanya renovasi selokan.

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Tiga jenis wahana permainan di objek wisata GLZoo (Kebun Binatang Gembira Loka) Yogyakarta, dihentikan operasionalnya untuk sementara waktu. Hal itu terkait dengan renovasi selokan yang ada di dalam kompleks kebun binatang yang terbesar di Jawa Bagian Selatan ini.

Kepala Bidang Rekreasi GL Zoo, Heri Dharma Setiawan, Kamis (10/8/2017)  menjelaskan, adanya proyek perbaikan saluran air di kawasan objek wisata itu menyebabkan penurunan debit air di Kolam Mayang Tirta.

Menurunnya muka air ini, katanya, menyebabkan kapal katamaran, speed boat dan bumper boat tidak dapat beroperasi, karena kedalamannya tidak memenuhi syarat.

“Penurunan debit air Kolam Mayang Tirta sudah mencapai sekitar 40 Cm, sehingga kami nilai rawan untuk beroperasi kapal katamaran dan speed boat,” kata Heri di Yogyakarta.

Menurut dia, untuk wahana bumper boat sudah mulai dihentikan beroperasi sejak Minggu lalu, sedangkan wahana kapal katamaran dan speed boat baru mulai tidak dioperasikan sejak Senin berikutnya.

“Penurunan debit air kolam per-hari mencapai antara 2-4 Cm,” sebutnya.

Heri mengatakan, untuk permainan becak air masih dioperasikan bagi pengunjung meski di wahana tersebut juga terjadi penurunan air. “Tapi untuk becak air risikonya kecil,” tuturnya.

Diperkirakan penghentian operasional wahana air tersebut hingga tiga bulan ke depan, karena projek pembangunan selokan yang dilakukan Pemkot Yogyakarta selama tiga bulan.

“Kalau proyek perbaikan saluran itu selesainya mundur, ya..paling lama jadi empat bulan,” katanya.

Berkait dengan tidak dioperasikannya kapal katamaran yang mengitari danau buatan Mayang Tirta, maka harga tiket paket Kataring yang semula Rp25 ribu diturunkan jadi Rp20 ribu.

“Karena pengunjung yang beli tiket Kataring tidak bisa menikmati kapal katamaran,” jelasnya.

Adanya projek perbaikan saluran air itu juga menjadikan sejumlah satwa koleksi kebun binatang setempat terpaksa dipindahkan ke kandang yang lebih aman. Jenis satwa yang dipindahkan itu seperti nilgai, burung unta, tapir dan burung kasuari.

“Kalau tidak dipindahkan,  bisa jadi hewan-hewan tersebut akan stres mendengar suara mesin alat berat,” katanya. (MU)

Comments

comments