Internasional

Rencana Usir Mahasiswa Asing Dibatalkan Amerika

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rencana mengusir mahasiswa asing oleh Amaerika Serikat (AS) mendadak dibatalkan.
Sebelumnya, rencana mengusir mahasiswa asing disampaikan oleh Badan Penegak Bea Cukai dan Imigrasi AS (ICE) pada pekan lalu. Ketika itu, ICE mengancam akan mendeportasi mahasiswa asing yang kampusnya memutuskan untuk kuliah daring musim gugur mendatang seperti yang dilakukan saat ini.
Sejumlah analis menilai kebijakan itu keluar sebagai tekanan bagi pengelola kampus agar membuka kampus mereka dan tidak melakukan tindakan yang terlalu hati-hati terkait penularan virus corona.
Kebijakan ICE direspons keras berbagai universitas ternama di AS. Gugatan terkait aturan tersebut pun dilayangkan 59 kampus ke pengadilan federal.
Pada Selasa (14/7/2020), pemerintahan Donald Trump akhirnya mengumumkan bahwa rencana mengusir mahasiswa asing dibatalkan di tengah-tengah proses gugatan yang masih berjalan.
Meski demikian, pejabat tinggi Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS (DHS) mengatakan, pemerintah masih akan membahas aturan apakah siswa asing diizinkan berada di AS jika perkuliahan dilangsungkan online.
Ada lebih dari satu juta mahasiswa asing di AS. Indonesia berada di peringkat ke-19 negara pengirim mahasiswa ke Negeri Paman Sam. Pada tahun ajaran 2018-2019, ada hampir 9.000 mahasiswa Indonesia menuntut ilmu di berbagai universitas di AS.
Perguruan tinggi di AS sebenarnya bergantung pada mahasiswa asing. Sebab, mahasiswa asing adalah pihak yang membayar biaya perkuliahan penuh.
KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close