Remaja yang Terjebak di Gua Diselamatkan Berdasarkan Urutan Jarak Rumah

Remaja yang Terjebak di Gua Diselamatkan Berdasarkan Urutan Jarak Rumah

BANGKOK, SENAYANPOST.com – Ke-12 ramaja anggota tim sepakbola ‘Babi Liar’ dan pelatihnya yang sempat terjebak di gua Thailand telah berhasil diselamatkan. Ada cerita menarik dalam proses evakuasi remaja yang sudah terkurung 17 hari di dalam gua itu.

Sang pelatih, Ekkapol Chantawong, mengaku dalam upaya penyelamatan tersebut rupanya penentuan urutan siapa yang keluar terlebih dahulu bukan berdasarkan kondisi kesehatan.

“Mereka yang rumahnya paling jauh keluar terlebih dahulu. Jadi mereka bisa memberitahu semua orang bahwa teman-temannya baik-baik saja,” kata Ekkapol dikutip Reuters, Rabu (18/7).

Salah seorang anak yang selamat tersebut mengaku selama terperangkap dalam gua nyaris tiga pekan, mereka harus berjuang untuk tetap hidup. Apalagi, persediaan makanan mereka hanya cukup untuk delapan hari pertama saja.

“Saya mengatakan kepada semua orang untuk berjuang dan jangan putus asa,” ujarnya.

Baca Juga

Sementara anak yang lainnya, Adul Sam-on (14), mengaku tidak bisa melupakan saat akhirnya dua penyelam Inggris menemukan mereka pada 2 Juli lalu, beberapa kilometer dari mulut gua. Menurutnya, kejadian itu adalah sebuah anugerah.

“Itu ajaib. Aku harus banyak berpikir sebelum bisa menjawab pertanyaan mereka (kedua penyelam),” kata Adul.

Upaya penyelamatan itu memang tak hanya dilakukan pihak Thailand, namun juga menggerakkan seluruh dunia untuk membantu. Bahkan, bos Tesla Elon Musk sengaja mendesain sebuah kapal selam mini untuk membantu upaya penyelamatan, meski akhirnya tidak digunakan.

Satu persatu dari 13 orang tersebut dikeluarkan dari gua Thailand dalam keadaan tak sadarkan diri akibat dibius. Hal tersebut untuk mencegah serangan panik karena ke-12 anak tersebut tidak bisa berenang dan tidak memiliki kemampuan menyelam. (WW)