Lintas Daerah

Rem Blong Penyebab Kecelakaan Bus Grup Posyandu Depok di Ciater

BANDUNG, SENAYANPOST.com — Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga, mengungkapkan, rem blong menjadi penyebab kecelakaan bus pariwisata PO Purnamasari yang menewaskan 8 orang di turunan jalan raya Bandung-Subang, Desa Palasari, Kecamatan Ciater.

Sopir bus pariwisata PO Purnamasari menjadi salah satu korban tewas bus yang ditumpangi rombongan kader Posyandu dari Depok itu. Sedang 7 orang korban tewas lainnya adalah perempuan.

“Betul, sopir bus meninggal dunia. Jumlah korban meninggal delapan, 10 luka berat dan 20 luka ringan,” kata Saptono Erlangga, Minggu (19/1/2020).

Kecelakaan bus terguling itu terjadi pada Sabtu (18/1) pukul 17.15 WIB. Bus bernomor polisi E 7508 W itu oleng di turunan Palasari, dari arah Bandung.

Bus pariwisata tersebut diketahui membawa penumpang dari tempat wisata Tangkuban Perahu untuk pulang ke Depok.

“Bus datang dari arah Bandung menuju arah Subang. Sewaktu menempuh jalan menurun, kendaraan melaju tidak terkendali saat melintas jalan menikung kiri melaju lurus keluar dari badan jalan. Sehingga menyebabkan bus terguling miring kanan tepatnya di bahu jalan sebelah kanan jalan dari arah Bandung-Subang,” ujar Saptono.

Para korban meninggal dunia dan luka berat telah dievakuasi ke Rumah Sakit Ciereng Subang. Sedangkan korban luka ringan dibawa ke Puskesmas Palasari dan Jalan Cagak. Selebihnya dirawat di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengucapkan duka yang mendalam terhadap peristiwa yang menewaskan delapan orang warga Depok dan puluhan lainnya luka berat, sedang, dan ringan.

Sebelum diserahkan kepada pihak keluarga, Wali Kota Depok Idris melakukan shalat jenazah terlebih dahulu, kemudian korban yang meninggal diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan.

Pemerintah Kota Depok mengirimkan sembilan mobil jenazah dan 15 mobil ambulans untuk membantu membawa jenazah dan korban luka-luka akibat kecelakaan bus itu.

“Kami langsung mengirimkan bantuan berupa mobil jenazah dan ambulans serta juga mobil Elf untuk membantu korban kecelakaan tersebut,” kata Kadishub Depok Dadang Wihana. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close