Relawan Pengungsian Gunung Merapi Wajib Rapid Test

Relawan Pengungsian Gunung Merapi Wajib Rapid Test
ilustrasi Relawan Gunung Merapi (foto bisnis.com)

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Guna melindungi pengungsi Gunung Merapi yang menempati Barak Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Pemkab Sleman mewajibkan relawan yang akan menampingi pengungsi menjalani rapid test.

“Atan menunjukkan hasil rapid test non reaktif yang masih berlaku,” kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Novita Krisnaeni, Selasa.

Menurut dia, para pengungsi yang berasal dari Dusun Kalitengah Lor ini, adalah warga yang tinggal di zona hijau covid-19. “Jadi para pengungsi ini sehat semua dari sisi covid-19,” katanya.

Sedangkan relawan yang mendampingi pengungsi, termasuk relawan di dapur umum sekalipun, banyak yang berasal dari luar Cangkringan dan bahkan luar Sleman. Karena itu, mereka harus menjalani rapid test agar diketaui status kesehatannya.

“Kalau rapid test menunjukkan reaktif, maka relawan akan diminta tidak mendekat dan bahkan isolasi dahulu sampai hasil rapid test menunjukkan non reaktif,” katanya.

Pengungsi Gunung Merapi di Sleman saat ini mencapai 18-an orang. Mereka menempati Barak Glagaharjo dan SD Muhammadiyah Cepitsari. (ws)