Nasional

Rektor UII: Di Tahun Politik Produksi Hoax Akan Meningkat

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Rektor Universitas Islam Indonesia, Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D., memperingatkan, menghadapi tahun politik khususnya menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, produksi berita bohong atau hoax akan mengalami peningkatan.

“Pengalaman lampau kita mengajarkan bahwa dalam musim pemilihan presiden dan legislatif, produksi hoax meningkat tajam. Meski selalu dielak, hoax menjadi bagian strategi pemenangan dan menghinakan lawan,” katanya di Yogyakarta, Kamis (14/9/2018).

Ia mengatakan, pada demokrasi, di satu sisi sangat strategis untuk menghasilkan pemimpin nasional dan wakil rakyat yang berkualitas negarawan, tetapi di sisi lain, ekses dari pesta yang tidak sehat dapat menggurat luka sangat dalam bagi yang belum dewasa dalam berpolitik.

Sementara Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat, Fuad Amsyari, Ph.D. memamparkan, persaingan berebut kepemimpinan dalam dunia plural adalah sebuah keniscayaan.

“Akan selalu ada persaingan antara Islam dengan kelompok non-Islam yang mau mengelola negeri dengan cara sekuler, bahkan menentang atau menghalangi diterapkannya syariat Islam dalam pengelolaan negara,” ujarnya.

Sedang Prof. Jawahir Thontowi, S.H., Ph.D., Direktur CLDS (Centre for Leadership and Legal Development Studies) Fakultas Hukum UII mengungkapkan penjabarannya tentang dinamika umat muslim di Indonesia dalam menciptakan generasi muslim sebagai pemimpin bangsa di masa mendatang.

“Urgensi kepemimpinan profetik, kepemimpinan yang mengusung nilai-nilai kenabian bagi bangsa Indonesia kedepan semakin diperlukan, jika bangsa ini, dipimpin oleh mereka yang tidak beriman, tidak berilmu, tidak paham teknologi, dan tidak berkarya untuk kemanusiaan,” ungkapnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close