Pendidikan

Reini Wirahadikusumah Resmi Jabat Rektor Perempuan ITB untuk Pertama Kali

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rektor baru Institut Teknologi Bandung (ITB) telah terpilih. Reini Wirahadikusumah akan menjadi Rektor ITB 2020-2025.

“Tadi sidang berjalan dengan lancar dan sepakat yang terpilih Prof Reini,” kata Ketua MWA ITB Yani Panigoro dalam jumpa pers di Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).

Keputusan ini diambil lewat sidang pleno Majelis Wali Amanat (MWA) ITB yang juga dihadiri oleh Mendikbud, Nadiem Makarim. Selain Reini, sebelumnya ada 2 calon lain yang lolos ke tahap akhir yaitu Jaka Sembiring dan Kadarsyah Suryadi.

Jaka dan Kadarsyah diharapkan jadi partner dalam mewujudkan gagasan-gagasan dari Reini. Yani pun memberikan pesan-pesan untuk Reini.

“Saya umumkan resmi bahwa Rektor ITB 2020-2025 sudah diputuskan tadi siang adalah Prof Reini Wirahadikusumah,” tegasnya.

“Semoga rektor 2020-2025 ini, 2020 ini kan 100 tahun ITB, akan membuat ITB lebih baik lagi dan membuat Indonesia jadi lebih hebat.

Profesor N R Reini D Wirahadikusuma adalah guru besar dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. Terpilihnya Reini juga merupakan hal bersejarah bagi ITB karena ini adalah kali pertama kampus itu dipimpin oleh rektor perempuan. Reini menyadari dia memiliki tanggung jawab besar sebagai rektor perempuan pertama ITB.

“Mengenai rektor pertama wanita itu, saya juga belum terlalu ini ya. Masih blank, masih blank saja gitu. Tetapi saya menyadari ya setelah disampaikan berkali-kali, teman-teman yg menelepon selalu menyampaikan tersebut, bahwa it’s a big deal ya. Betul itu dan saya juga paham,” ucap Reini.

Reini bercerita bahwa selama dia bekerja menjadi dosen hingga meraih gelar profesor, semua itu dia lakukan karena ingin jadi role model. Dia mengakui bahwa kiprahnya ini tak lepas dari peran keluarga, terutama suami dan anak-anak.

“Itu yang ingin saya jadikan role model itu kepada mahasiswa saya S2 S3 itu. Yang perempuan itu banyak sekali yang merasa mereka pulang mau kayak Ibu Reini katanya begitu. Walaupun saya bilang yang baiknya diambil, yang jeleknya jangan diambil gitu,” ucapnya.

“Tapi memang saya paham ada suatu hal yang bisa diambil dari generasi muda khususnya perempuan,” pungkas Reini. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close