Internasional

Rayakan HUT Ke-70, China akan Gelar Parade Militer Terbesar

BEIJING, SENAYANPOST.com – China bersiap untuk menggelar parade militer terbesar dalam dua dekade terakhir pada 1 Oktober mendatang. Parade tersebut dalam rangka memperingati ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat China.

Sejumlah persenjataan mutakhir militer China juga akan ditampilkan untuk pertama kali dalam parade tersebut. Menurut Wakil Kepala Kantor Kelompok Utama untuk Parade Militer, Mayor Jenderal Cai Zhijun, skala parade militer tahun ini akan lebih besar dibandingkan peringatan ke-50 dan ke-60.

“Bahkan parade militer tahun ini akan lebih besar dibandingkan peringatan 70 tahun kemenangan dalam perang melawan agresi Jepang (1931-1945) pada 2015 lalu,” kata Mayjen Cai Zhijun seperti dikutip Global Times.

Pada 2015 lalu, Pasukan Pembebasan Rakyat China (PLA) dalam parade militernya melibatkan hingga sekitar 12.000 orang, termasuk 11 formasi militer, 27 formasi peralatan, dan 10 formasi udara.

Selain itu juga menampilkan sekitar 500 unit dari 40 jenis peralatan militer dan 200 unit dari 20 jenis pesawat udara. Dari jumlah itu 84 persen di antaranya merupakan penampilan pertama.

“(Parade) ini juga akan menunjukkan semangat yang tidak dapat diubah dari tentara untuk mendengarkan Partai, mencerminkan pencapaian reformasi militer dan memobilisasi rakyat untuk melakukan upaya tak henti dalam mewujudkan peremajaan besar bangsa China,” kata Cai Zhijun.

“Peningkatan skala parade ini tidak ditujukan untuk negara maupun wilayah tertentu, juga tidak menargetkan peristiwa tertentu,” ucapnya. Menurut para pengamat militer China, parade militer tersebut dapat dilihat sebagai seremoni akbar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Parade terbesar itu akan memanifestasikan kekuatan militer China, menyampaikan pesan kepada rakyat bahwa China memiliki kemampuan melindungi kedaulatan dan integritas wilayahnya.

Terlepas dari persenjataan yang akan ditampilkan, parade militer kali ini akan lebih fokus pada rakyat China. Lebih dari 100.000 orang dari seluruh lapisan masyarakat akan berpartisipasi dalam parade, sementara sekitar 60.000 penduduk Beijing akan hadir dalam malam pesta pada 1 Oktober.(AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close