Lintas Daerah

Ratusan Warga Bantul Diminta Mengundurkan Diri dari Status Rumah Tangga Miskin

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Dinas Sosial Kabupaten Bantul meminta 600-an rumah tangga di Kabupaten Bantul diminta mengundurkan diri dari daftar rumah tangga miskin. Ini disebabkan, mereka sebenarnya sudah tidak masuk kategori miskin atau rawan miskin, tetapi rumah tangga mampu.

Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Bantul, Didik Warsito, Minggu (16/6/2019)  mengatakan di Kabupaten Bantul sendiri saat terdapat 157 ribu rumah tangga miskin yang mendapatkan bantuan dari pemerintah baik bantuan pangan KIS, KIP, PKH hingga mendapatkan bantuan pangan non tunai.

“Kami tidak memaksa namun minta mereka rumah tangga yang tidak lagi kategori miskin mengundurkan diri sebagai rumah tangga miskin secara  sukarela. Karena kenyataannya mereka ini adalah keluarga mampu,” ucapnya.

Ia menjelaskan,  bersama kecamatan, desa dan dengan tim dari Jakarta turun kelapangan untuk melakukan graduasi yaitu meminta rumah tangga yang mampu bersedia tidak menerima bantuan sebagai rumah tangga miskin.

Didik menambahkan, mundur secara sukarela ini juga dimaksudkan untuk mencegah adanya konflik di kalangan masyarakat.

Berbarengan dengan graduasi, Dinas Sosial juga akan memastikan rumah tangga yang miskin namun tidak mendapatkan bantuan sebelum agar nantinya diusulkan mendapatkan bantuan dari pemerintah. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close