Politik

Ratusan Ribu Calon Pemilih Jabar Belum Rekam E-KTP

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Sebanyak 309.080 calon pemilih untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 diketahui belum melakukan perekaman e-KTP yang merupakan syarat warga untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat, Abas Basari, mengatakan persoalan ini harus dituntaskan dengan cara menyosialisasikannya kepada masyarakat luas.

“Kami akan melakukan perekaman massal di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, 11 hingga 13 April pekan depan. Upaya ini untuk mendorong peningkatan partisipasi pemilih. Perekaman juga bisa diikuti warga dari daerah lain,” ujarnya pada Rapat Koordinasi Sinkronisasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pilgub Jabar di Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung, Kamis (5/4/2018).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Divisi Perencanaan dan Data Ferdhiman Bariguna menyatakan permasalahan terkait kepemilikan KTP-el atau surat keterangan harus tuntas tahun ini karena Jabar dikenal sebagai provinsi paling aktif dalam berinteraksi dengan calon pemilih.

Hal senada juga ditegaskan Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq. Menurut dia, hak-hak pemilih harus dilindungi melalui sinergi para pihak terkait.

Setiap pemilih yang ada di rumah sakit, lapas, pabrik, dan rumah jompo, semestinya difasilitasi. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close