Lintas Daerah

Ratusan Personil Kawal Rekapitulasi Suara Pilkada Sumsel

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Untuk mengamankan proses rekapitulasi surat suara pilkada serentak 27 Juni lalu di Provinsi Sumatera Selatan yang dijadwalkan berlangsung sampai besok, sebanyak 500 personil gabungan polisi dan TNI menjaga ketat gedung KPU Sumsel.

“Kami Polri jumlahnya 400 personi, dan TNI 100 personil, bertugas mengamankan jalannya rekapitulasi dari pihak-pihak yang mencoba mengacaukannya,” kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, di Palembang, Minggu (8/7/2018).

Dikatakannya, skema pengamanan menerapkan tiga ring, mengantisipasi gangguan dari luar gedung maupun didalam gedung saat proses rekapitulasi. Polisi memasang pagar kawat berduri sepanjang 200 meter dan menutup akses jalan Pangeran Ratu di depan gedung KPU arah pasar Induk Jakabaring guna mensterilkan jalanan dari massa pendukung.

Kapolda berharap agar semua pihak bisa menerima dan menghargai apapun hasil rekapitulasi nantinya, jika memang ada ketidakpuasan ia meminta ditempuh dengan jalur hukum yang ada. “Kalau ada pihak yang tidak terima hasil rekapitulasi silahkan menempuh jalur hukum. Jangan coba tempuh jalur diluar hukum seperti anarkisme,” ujarnya.

Pada rekapitulasi suara di Aula KPU Sumsel itu, petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan disaksikan perwakilan saksi dari keempat Paslon Peserta Pilgub Sumsel membuka kotak suara. Rapat pleno terbuka dan penetapan Pasangan calon pemenang Pilgub Sumsel diikuti 17 KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close