Ratusan Pelari Ikuti Lintas Timur Sungailiat Trail Run

Ratusan Pelari Ikuti Lintas Timur Sungailiat Trail Run

BABEL, SENAYANPOST.com – Belasan pelari mancanegara ikut ambil bagian bersama ratusan pelari dalam negeri pada event Lintas Timur Sungailiat Trail Run di Pantai Tikus Emas Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (2/12/2018).

“Kesiapan pelari asing ini hanya dari tiga negara saja, yakni Kenya, Jerman dan Malaysia dengan total peserta 11 orang,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Indrata.

Sebanyak 11 orang pelari asing berasal dari tiga negara itu, di antaranya Kenya, Jerman dan Malaysia mengikuti event Lintas Timur Sungailiat Trail Run yang dilaksanakan di Pantai Tikus Emas Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia mengatakan, kesebelas orang pelari asing tersebut, antara lain satu orang pelari asal Kenya, lima orang pelari asal Jerman dan lima orang pelari asal Malaysia. Para peserta mengambil start dan finish di Pantai Tikus Emas, dengan memperebutkan hadiah dengan total sebesar Rp 75 juta.

Kategori yang dilombakan pada Sungailiat Trail Run, di antaranya 42 kilometer Qualifer Only, 21 kilometer Open Participants dan 10 kilometer Open Participants.

Sementara, kategori 10 km Open Participants diikuti 416 peserta, 21 km Open Participants diikuti sekitar 95 peserta dan 42 km Qualifer Only diikuti sebanyak 14 orang peserta dengan total 525 orang peserta.

Menurut dia, minimnya peserta disebabkan event yang sama juga dilaksanakan Kementerian Pariwisata di Jakarta, sehingga peserta luar negeri banyak mengambil kesempatan di event tersebut.

Indrata menjelaskan, Sungailiat Trail Run diikuti sebanyak 525 orang peserta.

“Sebanyak 525 peserta di event pertama kali, saya bilang sudah luar biasa jika dibandingkan dengan event di Petung, Jawa Tengah sudah ke tiga kali baru 300 orang, sama halnya di Tahura saat ini sudah tahun ke enam hanya diikuti 500 orang,” jelasnya. (JS)