Politik

Ratusan Akademisi Keluarkan Seruan Bulaksumur

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Seratusan akademisi se Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan Seruan Bulaksumur untuk Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Dalam aksi penyampaian seruan di Balairung Universitas Gadjah Mada, Senin (6/5/2019) itu Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menegaskan, seruan itu disampaikan setelah menyaksikan kondisi kondisi pro dan kontra di tengah masyarakat di tanah air pasca pemilu.

“Kita harapkan bisa menggunakan cara-cara damai dan prosedural sebagaimana diatur dalam udang-undang dalam merespons ketidakpuasan atas hasil pemilu,” kata Rektor UGM.

Para kontestan juga diharapkan mengawal pelaksanaan pemilu dan hasilnya dengan mematuhi konstitusi serta mampu menahan diri dari mengeluarkan penyataan-pernyataan yang bisa menimbulkan kontroversi di masyarakat.

“Bisa menahan diri dari mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang bisa memperkeruh suasana dan melahirkan kontroversi di masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Rektor UGM, bangsa Indonesia patut bersyukur karena pelaksanaan pemilu serentak telah berjalan aman, tertib, dan damai serta sesuai dengan prinsip pemilu yang demokratis, yakni jujur dan adil. Namun demikian, dalam perkembangannya, hasil pemilu yang prosesnya berlangsung baik tersebut menimbulkan suasana pro dan kontra di tengah masyarakat akibat masing-masing pihak yang terlibat dalam konstestasi pemilu telah mengklaim kemenangan secara sepihak, lalu menuduh pihak lain berbuat curang.

“Ada upaya mendelegitimasi hasil pemilu dengan mempersoalkan kredibilitas penyelenggara pemilu,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close