Internasional

Ratu Elizabeth: Harry, Meghan dan Archie Tetap Bagian dari Keluarga Saya

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Ratu Elizabeth menyatakan Pangeran Harry dan Meghan Markle tetap menjadi bagian dari keluarganya.

Sebelumnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk hidup independen dan tak lagi menyandang gelar “Yang Mulia”.

Dalam pernyataan resmi yang disampaikan pada Sabtu (18/1/2020) waktu Inggris, Ratu Elizabeth menerangkan setelah melalui berbagai pembicaraan dan diskusi selama beberapa bulan terakhir, akhirnya dicapai mekanisme yang konstruktif dan suportif untuk mengakomodasi keinginan Harry dan keluarganya.

“Harry, Meghan, dan Archie akan terus menjadi bagian keluarga saya yang saya cintai,” tegasnya dalam keterangan resmi yang dikutip dari akun Instagram resmi @sussexroyal, Minggu (19/1/2020).

Akun Instagram itu khusus dibuat untuk mengakomodasi kegiatan Pangeran Harry dan Meghan sebagai Duke dan Duchess of Sussex.

Ratu Elizabeth juga mengakui pasangan itu menghadapi berbagai tantangan dan pengawasan ketat dari berbagai pihak selama 2 tahun terakhir. Dia pun mendukung keinginan mereka untuk hidup secara lebih independen.

Ratu Elizabeth juga memberikan terima kasihnya kepada Harry dan Meghan atas dedikasi mereka untuk bekerja bagi negara, Persemakmuran, dan pihak-pihak lainnya. Dia juga mengaku bangga atas bagaimana Meghan bisa dengan cepat menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Inggris.

“Adalah harapan seluruh keluarga saya bahwa kesepakatan hari ini memungkinkan mereka untuk mulai membangun kehidupan baru yang bahagia dan tenang,” ucap Ratu Elizabeth.

Dengan kesepakatan baru ini, Harry dan Meghan Markle akan melepaskan gelar “Yang Mulia” tapi tetap menjadi Duke dan Duchess of Sussex. Harry pun tetap menyandang status sebagai pangeran.

Selain itu, Harry dan Meghan tidak akan berpartisipasi dalam acara-acara seremonial atau kunjungan resmi anggota Kerajaan Inggris.

Seperti dilansir Reuters, seorang juru bicara Istana Buckingham menyampaikan Harry dan Meghan tidak akan lagi menerima uang dari publik dan bakal membayar kembali dana yang mereka gunakan untuk merenovasi tempat tinggal mereka di Windsor, yang mencapai 2,4 juta pounds atau sekitar Rp42,83 miliar (kurs tengah Bank Indonesia Rp17.848,86 per pounds).

Tetapi, masih belum jelas dana publik mana yang akan digunakan untuk menjaga keamanan keluarga tersebut. Istana Buckingham menolak berkomentar atas hal ini dan mengatakan bahwa ada proses independen untuk menentukan pendanaan publik untuk keamanan.

Adapun Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menolak berkomentar mengenai hal ini.

Kanada menjadi tempat yang dipilih oleh Harry dan Meghan untuk berlibur bersama putra mereka, Archie Mountbatten-Windsor, sejak sebelum Natal 2019. Saat ini, Meghan sudah kembali ke Kanada untuk bersama Archie dan Harry akan segera menyusul. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close