Nasional

Ratna Siti Sundari, Adik Kandung Hendropriyono Meninggal Dunia

SENAYANPOST.com – Di tengah suasana khusuk dan syahdu bulan suci Ramadhan, kabar duka datang dari keluarga besar AM Hendropriyono. Ratna Siti Sundari, adik kandung tokoh intelijen nasional itu dikabarkan meninggal dunia, Senin petang (4/6/2018).

Murateruna, putera bungsu almarhumah membenarkan ibunya meninggal dunia pada pukul 16.14 Wib di kediaman AM Hendropriyono di Jakarta. Almarhumah meninggal setelah berjuang melawan penyakit dementia alzheimer yang dideritanya selama sekitar 12 tahun, sejak 2006.

Ratna Siti Sundari adalah putri pasangan Raden Mas Wahyani Mangkuprabowo dari Yogyakarta dan Nurrina  dari Kalimantan Selatan. Ratna anak ke-6 dari tujuh bersaudara, masing-masing; Susetyo Prabowohadi (alm), Setio Adjie (alm), AM Hendropriyono, Aryono Setyoprabowo, Srie Chaerulia Riswati, Ratna Siti Sundari dan Djati Nuswanto. Almarhumah meninggalkan suami, Mulyohadi Sumariatno dan tiga orang anak; Wigramanda, Wimbaraka dan Murateruna.

Menurut Djati Nuswanto, adik almarhumah,  kondisi kesehatan Ratna memang menurun dan membutuhkan perhatian intensif sejak sekitar tahun 2014-2015. “Almarhumah sebelumnya tinggal menetap bersama suami dan anak-anak di Yogyakarta. Namun sejak Mei 2015, atas permintaan Bapak Hendropriyono, almarhumah tinggal di kediaman Bapak Hendropriyono di Jakarta supaya mendapat perawatan intensif” jelas Djati Nuswanto.

Di kalangan keluarga besar, sahabat, dan karyawan Hendropriyono Corporation Indonesia, sosok AM Hendropriyono memang dikenal amat menyayangi keluarga. Tidak hanya kepada keluarga inti; istri, anak-anak dan cucu-cucunya, lebih dari itu juga kepada kakak dan adik-adik kandungnya dan anak-cucu dari kakak dan adiknya. Termasuk kepada almarhumah Ratna Siti Sundari.

Kasih sayang itu tampak dari kesehariannya yang kerap memberi perhatian, dukungan, dan bantuan kepada saudara kandung. Sejak Ratna divonis menderita penyakit dementia alzheimer, Hendropriyono tak henti memberikan dukungan moril dan materil demi kesembuhan adiknya.

Perayaan ulang tahun Ratna yang diadakan besar-besaran dan berlangsung semarak di Gedung Sekar Wijayakusuma, Bambu Apus, Jakarta, pada 25 Februari 2018 lalu adalah salahsatu bentuk dukungan Hendropriyono kepada Ratna agar semangatnya terus hidup dalam perjuangan menaklukkan penyakit.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close