Internet

Ramai Bocor Data Facebook, Asosiasi Media Siber Sebut Medsos Banyak Manfaatnya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Media sosial di dunia sedang dihebohkan dengan skandal kebocoran data pengguna Facebook. Dari 87 juta data pengguna yang bocor, data pengguna Facebook Indonesia juga bocor dan berada di urutan tiga dengan jumlah satu juta lebih, di bawah Amerika Serikat dengan 70,6 juta data, dan Filipina dengan 1,1 juta data.

Meski demikian, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menilai industri teknologi terutama media sosial dan mesin pencari kata memiliki banyak dampak positif tidak hanya negatif seperti kebocoran data penggunanya.

Menurut Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Winseslaus Manggut, keberadaan industri digital bermanfaat bagi perusahaan periklanan memublikasikan produknya di media sosial.

“Termasuk iklan politik, jadi jangan diliat dari sisi negatif tetapi ada sisi positifnya. Ada industri orang pasang iklan,” kata Winseslaus di Jakarta, Sabtu (7/4).

Ia bilang, bahkan Facebook tidak khawatir apabila negara ingin memblokir media sosial tersebut.

Justru, Facebook cemas apabila ada perusahaan yang berhenti memasang iklan karena iklan tersebut tidak ingin berada satu wall dengan ujaran kebencian dan hoax.

Winseslaus menambahkan, salah satu kelemahan Indonesia adalah hanya mengatur industri media tetapi tidak perusahaan teknologi seperti media sosial dan mesin pencari kata.

“Ini harus didudukan dengan jernih karena media sosial menggunakan tools data nah ini perlu regulasi,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close