Raja Thailand Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Pengawalnya Positif Covid-19

Raja Thailand Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Pengawalnya Positif Covid-19

JAKARTA, SENAYANPOST.com -  Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama istrinya, Ratu Suthida, menyapa para pendukungnya yang berkerumun di luar Grand Palace, Bangkok, pada Jumat (23/10/2020).

Melansir Daily Mail, raja yang terkenal sebagai 'Don Juan' diketahui lebih banyak menghabiskan waktunya di Jerman dibandingkan di negaranya.

Vajiralongkorn yang sudah berusia 68 tahun itu kembali ke Thailand untuk memperingati 4 tahun kematian ayahnya yang sangat dihormati, Raja Bhumibol Adulyadej alias Raja Chulalongkorn.

Dia disambut di luar Grand Palace oleh kerumunan pro-monarki, disuguhkan rangkaian bunga dan disambut dengan sukacita.

Namun sebelumnya, dilaporkan pada awal pekan ini bahwa Raja Vajiralongkorn dibawa ke rumah sakit diam-diam setelah salah satu pengawalnya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Vajiralongkorn dirawat di Bangkok sebelum meninggalkan rumah sakit pada Rabu (21/10/2020) dini hari waktu setempat, menurut surat kabar Jerman, Bild.

Surat kabar itu mengatakan bahwa salah satu pengawal Vajiralongkorn baru-baru ini tertular virus corona setelah rombongan kerajaan terbang kembali ke Thailand.

Namun, alasan mengapa raja sempat dirawat di rumah sakit belum terungkap dan staf medis diberitahu untuk tetap diam tentang hal itu.

Dikatakan bahwa tidak ada seorang pun dalam rombongan raja yang dikarantina ketika pengawalnya dinyatakan positif.

Termasuk istri raja, Ratu Suthida, dan putra serta pewarisnya, Pangeran Dipangkorn yang berusia 15 tahun.

Kunjungan langka raja dari Jerman ini bertepatan dengan protes anti-pemerintah dan bentrokan antara kaum royalis dan aktivis pro-demokrasi di Bangkok. (Jo)