Rafael Nadal Lolos ke Final Tenis Prancis Terbuka

Rafael Nadal Lolos ke Final Tenis Prancis Terbuka
Rafael Nadal

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rafael Nadal berpeluang mempertahankan gelar juara single putra tenis Prancis Terbuka di Stadion Roland Garros, Paris, setelah menaklukkan Diego Schwartzman di semifinal pada Jumat (9/10/2020) malam WIB.

Nadal, juara bertahan asal Spanyol yang merupakan unggulan kedua di turnamen kali ini, menghentikan lawannya yang merupakan unggulan ke-12 melalui pertarungan tiga set di lapangan Philippe-Chatrier.

Pada dua set pertama, Nadal menghabisi lawannya yang berkebangsaan Argentina 6-3 6-3. Namun, pada set ketiga, Schwartzman mencoba memberi perlawanan lebih ketat dan memaksa nadal hanya unggul tipis 7-6(7-0).

Nadal merupakan juara bertahan. Dalam pertandingan final tahun lalu dia menaklukkan Dominic Thiem (Austria) yang pada turnamen kali ini merupakan unggulan ketiga dan terhenti di babak perempoat final, dikalahkan Schwartzman.

Dengan hasil ini, terbuka kemungkinan terhadi final ideal juara bertahan Nadal melawan unggulan pertama Novak Djokovic (Serbia).

Baca Juga

Ketika berita ini ditayangkan, Djokovic tengah bertarung melawan unggulan kelima Stefanos Tsitsipas (Yunani). Pertandingan masih berlangsung di set pertama dengan Djokovic unggul 5-3.

Djokovic belum terkalahkan sepanjang tahun ini, sementara Nadal merupakan raja lapangan tanah liat dan merupakan pemegang rekor juara terbanyak di Roland Garrosb sepanjang sejarah yakni 12 kali termasuk tiga edisi terakhir.

Sementara itu, Djokovic belum pernah tampil sebagai juara di Roland Garros. Dia tiga kali lolos ke final, tetapi selalu kalah. Di laga final edisi 2014 dan 2017, dia dikalahkan Nadal, sedangkan pada 2015 dia menyerah dari petenis Swiss Stanislas Wawrinka, yang kali ini kandas di puatarn ketiga.