Internasional

Qatar Diembargo, Pilih Impor Bahan Pangan dari Indonesia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Untuk memperkuat ketahanan pangan Qatar di tengah persoalan embargo yang dihadapi negara Timur Tengah itu sejak Juni tahun lalu, Qatar berencana mengimpor sejumlah bahan makanan dari Indonesia.

“Beberapa bahan pahan pangan seperti sayuran, ikan, beras hingga buah-buahan berpotensi,” kata Deputi Koordinasi Bidang Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Arief Havas Oegroseno, di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Hanya saja, Havas belum menjabarkan nilai ekspor makanan Indonesia ke Qatar tersebut. Pihaknya baru akan mengirimkan tim teknis ke Qatar untuk meninjau bahan pangan yang dibutuhkan oleh Qatar. Setelah itu, Indonesia baru bisa mengekspor bahan makanan yang dibutuhkan oleh mereka.

“Ya kami ada tim teknis melihat apa saja yang dibutuhkan, mungkin sayuran, tapi itu nanti tunggu tim teknis,” kata dia.

Selain itu, Qatar juga berniat untuk memperluas investasinya di Indonesia. Sebelumnya, Qatar sudah beberapa kali menanamkan modalnya di sektor keuangan. Salah satunya dengan membeli saham milik PT Indosat Tbk sebesar 65 persen.

Salah satunya, Qatar ingin menindaklanjuti rencana investasi di di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Qatar ingin berinvestasi lebih lanjut di KEK tersebut di bidang pariwisata, termasuk membangun kawasan hotel mewah.

“Iya itu, kemudian hotel mewah, lapangan golf di sana, di KEK tourism. Kami sedang ajak Qatar untuk ekspansi yang lain,” terang dia.

Sebelumnya, Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad al-Tsani mengaku bernafsu menggarap seluruh investasi di pulau yang menjadi bagian Nusa Tenggara Barat tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya menyodorkan gambar keadaan alam Mandalika kepada Emir Qatar yang beberapa waktu lalu menyambangi Indonesia.

Menurut Jokowi, Emir Qatar kala itu terkesima dengan keindahan alam Mandalika dan langsung bernafsu menanamkan modal di kawasan tersebut.

“Langsung beliau (Emir Qatar) menyampaikan, ‘Pak Jokowi, sudahlah saya ambil semuanya,’ Saya bilang nanti dulu, tahan harga dong. Kirim tim dulu, lihat, baru nanti kita bicara lagi,” jelas Jokowi di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close