Qantas Batalkan Penerbangan Internasional hingga Maret 2021, Termasuk Bali dan Jakarta

Qantas Batalkan Penerbangan Internasional hingga Maret 2021, Termasuk Bali dan Jakarta
Qantas

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Maskapai penerbangan Qantas sudah mulai membatalkan penerbangan internasional hingga akhir Maret 2021. Melansir Executive Traveller, langkah tersebut merupakan tanda bahwa kemudahan perjalanan internasional sebelum pandemi Covid-19 tidak akan kembali dalam waktu dekat.

Pembatalan tersebut termasuk penerbangan yang dihapus dari jadwal Qantas pada pertengahan Juli 2020. Hal ini membuat pemesanan penerbangan baru tidak bisa dilakukan.

Kendati demikian, penghapusan jadwal tidak secara remi dibatalkan. Pemesanan para calon penumpang tetap aktif, namun penumpang berada dalam ketidakpastian karena tidak bisa terbang.

Sebagian besar penerbangan pada November telah dibatalkan bersamaan dengan sejumlah rute hingga 28 Maret 2021 termasuk penerbangan ke Bali, Jakarta, Santiago, dan penerbangan musiman Sydney – Vancouver.

Penumpang bisa minta pengembalian dana

Sebelumnya, Executive Traveller melaporkan, pembatalan resmi penerbangan tersebut kini memungkinkan penumpang untuk meminta pengembalian uang penuh dari harga tiket mereka.

Dengan hampir enam bulan pemesanan yang terdiri dari perjalanan bisnis hingga liburan keluarga, Qantas dapat menghadapi pengembalian dana sebesar 1 miliar dolar AS dari sejumlah perjalanan bisnis hingga liburan keluarga yang telah lama dinantikan.

Sebagai alternatif untuk pengembalian dana dan mencegah pengeluaran uang yang berlebihan, Qantas mendorong para penumpang untuk mengubah pemesanan mereka menjadi travel credit (kredit perjalanan).

Kredit perjalanan tersebut nantinya dapat digunakan pada penerbangan Qantas mendatang hingga akhir 2022. Selain pemesanan yang diubah menjadi travel credit, maskapai tersebut juga menawarkan insentif seperti memiliki kredit tambahan 10 persen dari nilai pemesanan.

Maskapai juga mengizinkan seluruh penerbangan yang dipesan menggunakan kredit tersebut untuk mendapatkan dua kali layanan poin frequent flyer atau status credit.

Namun, para pembaca Executive Traveller melaporkan penawaran 20 persen dari nilai pemesanan yang ditambahkan ke saldo kredit perjalanan ditambah poin ganda Qantas atau status credit.

Saat ini, pembatalan tersebut sejalan dengan pernyataan maskapai sebelumnya bahwa penerbangan internasional kemungkinan tidak dapat dimulai kembali sebelum Juli 2021.

Namun, ada pengecualian pada travel bubble dengan negara-negara seperti Selandia Baru, Singapura, Jepang lantaran mereka berhasil mengendalikan penyebaran virus Covid-19.

Pada saat berita ditulis, penerbangan Qantas dan Jetstar antara Australia dan Selandia Baru tetap dibuka dengan harapan adanya pembukaan travel bubble antara kedua negara tersebut.

Sebelumnya, Qantas menuturkan bahwa jika penerbangan antara Australia dan negara lain dibuka, serta ada permintaan kembali, mereka dapat menambah lebih banyak penerbangan pada jadwal mereka.

Pilihan jika Qantas batalkan penerbangan penumpang

Bagian Perubahan Pemesanan pada situs Qantas menyatakan, jika mereka membatalkan penerbangan penumpang, mereka akan memesan kembali penerbangan pada penerbangan berikutnya yang tersedia ke tujuan yang telah dipesan jika memungkinan.

“Pemesanan dilakukan tanpa biaya tambahan. Atau, Anda bisa memilih kredit atau pengembalian dana. Anda tidak akan dikenakan biaya perubahan atau pembatalan,” seperti yang tertera dalam situs Qantas, mengutip Executive Traveller.

Selanjutnya, Qantas menuturkan bahwa pihaknya akan menghubungi penumpang yang terdampak sesegera mungkin.

Pada keadaan normal, maskapai tersebut memiliki pilihan untuk secara otomatis memesan ulang penumpang pada penerbangan berikutnya yang tersedia ke tujuan awal mereka.

Namun, penumpang tidak diwajibkan untuk menerima alternatif tersebut. Di bawah keadaan saat ini, penumpang mungkin tidak akan berada dalam posisi untuk mengambil penerbangan alternatif apapun.

Penumpang dapat memilih kredit penerbangan dan harga yang dibayar untuk melakukan pemesanan awal akan diubah menjadi voucher Qantas.

Kredit penerbangan yang berlaku selama 12 bulan dapat diterapkan untuk pemesanan penerbangan baru, termasuk ke tujuan selain yang pertama dipesan. Untuk penerbangan domestik, misalnya.