Internasional

Putra Mahkota Arab Saudi Dirumorkan Tewas Malah Pimpin Rapat

RIYADH, SENAYANPOST.com – Di tengah spekulasi liar yang menyebut putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) telah ditangkap atau tewas dalam upaya kudeta pada April lalu, erajaan Arab Saudi merilis foto MBS saat memimpin rapat pada Selasa (22/5/2018) waktu setempat.

Seperti dilansir media Pakistan, Geo TV dan media Inggris, Daily Mail, Kamis (24/5/2018), foto terbaru MBS itu dirilis melalui kantor berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA), pada Selasa (22/5) waktu setempat.

Disebutkan dalam foto itu bahwa MBS sedang memimpin rapat Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan.

Media lokal Saudi, Arab News, dalam laporan yang mengutip SPA melaporkan bahwa rapat yang dipimpin MBS ini digelar di Istana Al-Salam di Jeddah.

MBS diketahui merupakan chairman dari Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan Saudi, yang bertugas mengkaji isu-isu ekonomi dan pembangunan.

Disebutkan juga oleh SPA bahwa MBS sempat menelepon Presiden Palestina, Mahmud Abbas, yang sedang dirawat di rumah sakit karena komplikasi usai menjalani operasi ringan, pekan lalu.
MBS menelepon Abbas untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Tidak hanya itu, SPA juga menyebut bahwa MBS menghadiri sesi rapat kabinet yang juga dihadiri Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Sebelumnya dilaporkan berbagai media internasional bahwa MBS tidak muncul ke publik sejak isu kudeta mencuat pada 21 April lalu. Saat itu, suara tembakan dilaporkan terdengar di dalam kompleks Istana Saudi. Media Iran melontarkan spekulasi bahwa saat itu sedang ada upaya kudeta.

Kepolisian Saudi melalui SPA telah mengklarifikasi isu kudeta yang beredar, dengan menyatakan suara tembakan itu merupakan aksi petugas keamanan Istana Saudi saat menembaki drone misterius yang mendekati kompleks istana.

Namun laporan media Iran bernama Kayhan menyebut MBS ditangkap atau tewas dalam kudeta saat itu. Laporan ini tidak bisa diklarifikasi kebenarannya.

“Setidaknya dua peluru mengenai bin Salman dalam bentrokan 21 April di Riyadh dan bahkan mungkin saja dia (MBS-red) tewas,” sebut laporan Kayhan saat itu.

Kayhan melontarkan spekulasi ini sembari mencurigai absennya MBS dalam foto bersama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo yang berkunjung ke Riyadh untuk pertama kali pada akhir April lalu. Hanya Raja Salman dan Menlu Saudi, Adel al-Jubeir, yang berfoto dengan Pompeo.

“Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa absennya Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi, selama nyaris 30 hari disebabkan karena sebuah insiden yang disembunyikan dari publik,” klaim Kayhan dalam laporannya.

Spekulasi Kayhan dan media-media lain soal MBS ditangkap atau tewas itu dimentahkan oleh foto terbaru yang dirilis SPA. Tidak hanya itu, juru bicara kantor pers Putra Mahkota Saudi juga memposting foto MBS sedang memimpin rapat via akun Twitter-nya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close