Internasional

Putin-Trump Sepakat Gelar Pertemuan

MOSKOW, SENAYANPOST.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin dilaporkan sepakat untuk menggelar pertemuan. Moskow dan Washington tengah mencari lokasi yang tepat untuk pertemuan tersebut.

Asisten kebijakan luar negeri Kremlin Yusi Ushakov mengatakan pertemuan itu akan berlangsung di negara ketiga yang saling menguntungkan. Ia juga mengatakan diperlukan waktu beberapa minggu untuk mempersiapkan pertemuan tersebut.

“Pertemuan ini telah direncanakan untuk waktu yang lama,” kata Ushakov usai Presiden Putin bertemu dengan penasihat keamanan nasional AS John Bolton.

“Ini sangat penting bagi Rusia dan Amerika, tetapi (juga) memiliki kepentingan besar untuk seluruh situasi internasional. Saya pikir itu akan menjadi acara utama internasional di musim panas,” imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/6/2018).

Moskow dan Washington akan segera mengumumkan waktu dan tempat pertemuan ini dilakukan.

Ushakov mengatakan Putin dan Trump kemungkinan akan berbicara selama beberapa jam ketika mereka bertemu. Keduanya kemungkinan akan berbicara tentang deklarasi bersama mengenai peningkatan hubungan AS-Rusia dan keamanan internasional.

“Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov kemungkinan akan bertemu dengan mitranya dari AS Mike Pompeo,” ujarnya.

KTT ini diperkirakan akan berlangsung setelah Trump menghadiri KTT NATO dan mengunjungi Inggris bulan depan. Seorang pejabat senior AS mengatakan pada hari Selasa bahwa ibukota Finlandia Helsinki dianggap sebagai lokasi. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close