Lintas Daerah

Purwakarta Lakukan Rapid Test Kepada ODP

PURWAKARTA, SENAYANPOST.com – Puluhan warga Kabupaten Purwakarta yang berstatus Orang dalam Pemantauan (ODP) mendapat uji coba rapid test covid-19.

“Uji coba rapid test dilakukan terhadap orang dengan status ODP sesuai data yang terkonfirmasi oleh Pemprov Jawa Barat. Ada 32 orang yang mengikuti rapid test ini,” kata Tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) covid-19 Purwakarta, Erlitasari Kusuma Wardani, di Purwakarta, Selasa (31/3/2020).

Ia mengatakan, untuk sementara uji coba tes ini dilakukan terhadap ODP yang telah dilaporkan ke Pemprov Jabar. Ke depan secara bertahap akan dilakukan terhadap ODP yang lainnya.

Dikatakannya, rapid test ialah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

Jika antibodi ini terdeteksi didalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang itu pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona.

“Tapi perlu diketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu,” katanya.

Menurut dia, rapid test hanya sebagai pemeriksaan screening atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus corona. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close