Nasional

PUPR Kucurkan Program Padat Karya Tunai Rp11,3 Triliun

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya menyiapkan Program Padat Karya Tunai (PKT)/cash for work bagi masyarakat berpenghasilan rendah sesuai instruksi Presiden Joko Widodo terkait percepatan Program Padat Karya Tunai (PKT).

Program ini bertujuan untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat dari pandemi covid-19 dengan anggaran sebesar Rp11,3 triliun.

Program ini tersebar di 34 Provinsi di Indonesia yang berpotensi menyerap 613.483 tenaga kerja. Saat ini progres penyerapan PKT telah mencapai 31,9 persen atau Rp 3,61 triliun.

Salah satu PKT yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang dilaksanakan oleh Balai-balai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR bersama masyarakat.

Dengan program PKT P3TGAI, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi akibat merebaknya pandemi COVID – 19, selain itu juga menjaga produktifitas hasil pertanian karena suplai air yang lebih memadai.

“Selain untuk mengurangi angka pengangguran dan menjaga daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur irigasi di kawasan perdesaan.

Kehilangan air di dalam saluran bisa dikurangi dengan lining saluran yang baik. Pola pelaksanaan PKT juga dengan memperhatikan protokol physical distancing,” kata Menteri Basuki dalam keterangan resminya Jumat (10/7/2020). (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close