Lintas Daerah

Puluhan TKI Asal Jambi dari Malaysia Langsung Cek Kesehatan

JAMBI, SENAYANPOST.com – Sebanyak 25 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia asal Provinsi Jambi langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim kesehatan dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi setibanya mereka di Terminal Alam Barajo Kota Jambi, Sabtu (28/3/2020).

“Jumlah total penumpang bus asal Pekanbaru yang mengakut TKI warga Jambi ini berjumlah 27 orang, di antaranya 25 orang penumpang, 1 orang sopir dan 1 orang kernek,” kata Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Jambi, Wing.

Sebelumnya, para TKI itu sudah dilakukan tes kesehatan di Pekanbaru dan mereka ditetapkan jadi orang dalam pemantauan (ODP). Para TKI ini pulang dari Malaysia melalui Tanjung Balai Kepulauan Riau dan melanjutkan perjalanan ke Jambi menggunakan bus.

Begitu mereka turun dari bus, para TKI yang mayoritas dari Kabupaten Kerinci tersebut langsung disemprot menggunakan cairan disinfektan, lalu dicek suhu tubuh dan diminta data riwayat kesehatan serta perjalanannya sebagai langkah antisipasi dini.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Kesehatan Provinsi Jambi, Nurlaini mengatakan, dari pemeriksaan suhu tubuh, para TKI tidak ada yang di atas normal. “Suhu tubuh mereka di bawah 37 semua, semuanya dalam keadaan baik-baik saja,” ujar Nurlaini.

“Kami dari tim laboratorium kesehatan hanya memeriksa suhu tubuh yang di atas 37 derajat. Kalau misalnya ada mereka yang di atas 37, langsung kita periksa laboratoriumnya (tes rapid) dan langsung diisolasi. Tapi dari pantauan Alhamdulillah mereka di bawah 37 semua, semuanya dalam keadaan baik-baik saja,” sebut Nurlaini.

Karena para TKI dari Malaysia itu semua berstatus orang dalam pemantauan, jelas dia, mereka harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protap. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close