Lintas DaerahPeristiwa

Puluhan Rumah di Tanjabtim Kembali Terbakar

JAMBI, SENAYANPOST.com – Kobaran api berlangsung cepat melalap puluhan rumah warga kampung perairan di pesisir laut utara kawasan Parit 6 Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjungjabung (Tanjab) Timur, Jambi, Jumat (10/5/2019) dini hari tadi.

Berdasarkan laporan dari Tim Basarnas Jambi, Jumat (10/5/2019), kejadian kebakaran yang diperkirakan menghanguskan sekitar 50 unit rumah di kawasan kampung perairan Mendahara itu terjadi sejak Jumat dini hari sekitar pukul 01.20 WIB dan api baru dapat dipadamkan pukul 07.30 WIB.

Belum dapat diketahui apa penyebab awal terjadinya kebakaran di RT 1 Dusun Duri tersebut, hingga api kemudian membakar satu persatu rumah semi parmanen yang letaknya di atas kawasan perairan pesisir laut tersebut. Namun, diperkirakan sumber api berasal dari salah satu rumah warga di persisir laut utara atau kawasan Parit 6 Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjab Timur.

Kobaran api yang besar didukung tiupan angin laut dilaporkan dengan cepat membakar satu per satu rumah di kawasan itu. Kobaran api dilaporkan juga sempat menjalar sampai ke kawasan RT 04 Dusun Duri 2 Pasar Pangkal Duri.

Kabag Humas Pemkab Tanjungjabung Timur, Alamsyah mengatakan, semua pihak dari pemerintah kabupaten, kepolisian dan Basarnas Tanjungjabung Timur masih berada di tempat kejadian membantu para korban serta menyelidiki penyebab musibah tersebut.

Mudahnya api membakar rumah warga, kata dia, karena rumah mereka kebanyakan panggung dan posisinya berdempetan terbuat dari kayu sehingga api begitu cepat menjalar dari satu rumah ke rumah lainnya.

Sementara itu, Aswandi warga Tanjungjabung Timur mengatakan banyaknya rumah terbakar karena akses untuk pemadaman kebakaran ke tempat kejadian tidak dapat dilewati, sehingga warga hanya bisa pasrah dan berlarian ke tempat yang lebih aman.

Diketahui, kokasi kebakaran ini dari pusat Kota Jambi, Provinsi Jambi, memerlukan waktu tempuh sekitar empat jam berkendaraan dan harus melalui jalan darat dan laut. (*)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close