Nasional

Puluhan Rumah di Sidoarjo Rusak Diterjang Puting Beliung

SIDOARJO, SENAYANPOST.com – Angin puting beliung kembali menerjang Sidoarjo. Kali ini puluhan rumah warga di kawasan Desa Semambung Kecamatan Gedangan, Desa Pabean Kecamatan Sedati dan Desa Tropodo Kecamatan Waru, rusak diterjang puting beliung, Minggu (18/3/2018).

Sejumlah pepohonan di tiga desa itu roboh terhempas angin. Rumah warga yang mengalami kerusakan terjadi di bagian atap, genteng dan kontruksi bangunan lainnya.

Yayuk, waga RT 14 RW 05 Desa Pabean Kec Sedati mengatakan, mulanya angin datang dari arah utara. Angin datang tidak disertai hujan.

“Saat angin datang, tidak hujan tapi mendung sekali. Tak lama kemudian, suara guntur sangat beserta kilat, laku turun hujan,” katanya, Minggu (18/3/2018).

Yayuk menambahkan, saat angin datang dengan berputar-putar, warga banyak yang panik mencari perlindungan untuk menyelamatkan diri.

“Angin menghempas belasan rumah hingga atap beterbangan dan jatuh di sekitar rumah. Banyak juga atap rumah warga yang terbang terbawa angin,” tandas istri Yasin, Ketua RT setempat.

Hal sama disampaikan Azis, warga Semambung yang menyebutkan sejumlah rumah di Desa Semambung rusak terkena putting beliung.

Serka Suedi anggota Koramil Sedati yang juga Babinsa Desa Pabean mengatakan, data sementara laporan masuk untuk rumah yang mengalami kerusakan, untuk kategori rusak ada 8 rumah dan kerusakan ringan ada 10 rumah.

“Untuk RT 14 yang rusak berat ada 5 rumah, sedangkan yang rusak ringan ada 6 rumah,” katanya.

Nurul Hidayat perangkat Desa Pabean mengatakan, semua rumah yang terkena angin puting beliung, sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo.

“Semua kerusakan sudah kami data dan sudah saya laporkan,” tandasnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close