Lintas Daerah

Puluhan Pasutri Itsbat Nikah Terpadu

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Ada yang menarik dalam rangka memperingati HUT ke-19 Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, kali ini. Sebanyak 76 pasangan suami dan istri di daerah itu mengikuti istbat nikah terpadu.

“Itsbat nikah terpadu sebagai dukungan Pemerintah Kabupaten Waykanan untuk pasangan suami istri mendapatkan kepastian hukum status pernikahannya yang sudah sah secara agama namun belum mempunyai buku nikah,” kata Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, di Waykanan, Rabu (11/4/2018).

Edward mengatakan, program yang digagas oleh Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Kementerian Agama, dan Majelis Ulama Indonesia merupakan yang pertama dan menjadi program unggulan ke depan khususnya bidang kerohanian.

Hal ini, menurut dia, merupakan kepedulian Pemerintah Kabupaten Waykanan untuk memberikan bantuan secara hukum dan finansial kepada masyarakat yang kesulitan secara administrasi dan ekonomi untuk mewujudkan pernikahan yang tercatat secara resmi, serta dapat terwujud apabila telah melalui serangkaian peryaratan dan persidangan oleh Pengadilan Agama sampai dengan terbitnya akta Itsbat nikah.

Edward mengharapkan, melalui itsbat nikah terpadu ini dapat memperkokoh ikatan keluarga yang Mitsaqon Kholddan, dengan demikian hal ini diharapkan mampu menjadi pendorong bagi para calon mempelai untuk secara tertib mencatat pernikahannya agar sah secara hukum agama atau syariat dan sah atau tercatat oleh negara.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Waykanan, Bukri mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya itsbat nikah terpadu ini untuk membentuk keluarga yang sakinah, serta program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mencatatkan pernikahannya dalam administrasi negara.

“Setelah itsbat, 76 pasangan suami istri ini akan mendapatkan buku nikah dan akta kelahiran untuk anaknya serta bingkisan dari Bupati Waykanan,” pungkasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close