Gaya HidupNasionalTravel

Pulau Enggano Jadi Pusat Perayaan HUT RI Tingkat Nasional

Jakarta (SenayanPost) – Pulau Enggano yang terletak di Provinsi Bengkulu, lebih tepatnya di Kabupaten Bengkulu Utara, dipilih dan ditetapkan sebagai lokasi pusat perayaan Hari Proklamasi Ri ke-71 Tingkat Nasional untuk pulau terluar, pada tanggal 17 Agustus mendatang.
“Pemilihan Pulau Enggano dilakukan oleh Tim Koordinasi Pembangunan Pulau Kecil Terluar,” ungkap Ratih, Deputi Kemaritiman Sekretariat Kabinet (Seskab), usai memimpin rapat membahas pembangunan Pulau Enggano di kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (8/8/2016) siang.
Ratih Nurdiati menjelaskan, bahwa pemiilihan dan penetapan Pulau Enggano sebagai pusat perayaan HUT RI ke-71 tingkat nasional untuk pulau terluar dilandasi beberapa pertimbangan, yakni sejalan dengan semangat bahwa Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia memiliki nilai strategis sebagai Titik Dasar dari Garis Pangkal Kepulauan Indonesia dalam penetapan wilayah Perairan Indonesia, Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, dan Landas Kontinen Indonesia.
“Penetapan ini merupakan momentum sangat bagus untuk memperkenalkan Pulau Enggano,” ujar Ratih.
Mengutip dari Wikipedia, secara administratif, Pulau Enggano termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Enggano merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara dengan pusat pemerintahan berada di Desa Apoho. Luas wilayah Pulau Enggano mencapai 400,6 km² yang terdiri dari enam desa yaitu Desa Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana,dan Kahyapu.
Kawasan Enggano memiliki beberapa pulau-pulau kecil, yaitu Pulau Dua, Merbau, Bangkai yang terletak di sebelah barat Pulau Enggano, dan Pulau Satu yang berada di sebelah selatan Pulau Enggano.
Jarak Pulau Enggano ke Ibukota Provinsi Bengkulu sekitar 156 km atau 90 mil laut, sedangkan jarak terdekat adalah ke kotaManna, Bengkulu Selatan sekitar 96 km atau 60 mil laut. Pulau Enggano tersusun oleh perbukitan bergelombang lemah, perbukitan karst, daratan dan rawa.(AF)

KOMENTAR
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close