PSTKM DIY Diperpanjang Hingga 8 Februari

PSTKM DIY Diperpanjang Hingga 8 Februari
Kota Yogyakarta (ANTARA)

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui Instruksi nomor 4/INSTR/2021 memperpanjang masa PSTKM (Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat) hingga 8 Februari mendatang.

Gubernur juga menandatangani Instruksi nomor 5/INSTR/2021 tentang perpanjangan Pelaksanaan Tata Kerja ASN.Kedua instruksi gubernur DIY itu ditandatangani hari Senin (25/1/2021) dan berlaku mulai hari Selasa (26/1/2021).

Humas Pemda DIY, Ditya Aji, dalam keterangan persnya, Senin menjelaskan, dalam instruksi tersbut, Gubernur DIY juga memerintahkan para Bupati dan Walikota se DIY untuk membatasi tempat kerja perkantoran dengan menerapkan WFH (bekerja dari rumah) sebesar 75% dan 25% lainnya tetap bekerja di kantor (WFO).

“Tetap dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Diinstruksikan pula selama masa PSTKM ini, persekolahan diselengarakan secara daring. Untuk sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, imbuhnya, diizinkan beroperasi 100%, namun tetap dengan memperhatikan pengaturan jam operasional, kapasitas dan penerapan protokol kesehatan.

Untuk restoran dan rumah makan layanan makan dan minum di tempat dapat dilakukan dengan menerima 25% kapasitas tempat tamu, sedangkan layanan antaratau dibawa pulang, diperbolehkan sesuai dengan jam buka restoran/rumah makan.

“Jam operasional pusat perbelanjaan, diperbolehkan buka hingga pukul 20.00,” katanya. Sedangkan tempat peribadatan, diizinkan menerima jemaah hingga 50% dari kapasitas.

Sedangkan untuk mencegah kerumuman, katanya, Satpol PP diminta bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk melakukan pendekatan persuasive maupun melalui penegakan hukum. (MU)