Transportasi

Proyek Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Masuki Tahap Penuntasan

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan proyek jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi sedang dalam proses penuntasan pembahasan besaran uang santunan untuk ratusan kepala keluarga yang akan dibebaskan.

“Terkait pembangunan kereta api jalur ganda Bogor Sukabumi, itu dasar pemberian santunan itu SK Gubernur yang sedang kita finalisasi besarannya berapa,” kata Iwa, di Bandung, Senin (13/8/2018).

Sudah sebanyak 549 KK sepakat mendapat keluar dari lahan proyek dan besar santunan masih dihitung karena akan ada perhitungan dulu dari lapangan.

“Hingga kini masih kami hitung, kalau sudah menjadi produk hukum baru kami umumkan,” katanya.

Apabila dasar hukum ini bisa dieksekusi dua pekan ini, kata Iwa, maka pihaknya memastikan proyek tersebut dari mulai pembebasan lahan hingga fisik bisa dituntaskan hingga akhir 2018.

Dan khususnya untuk fase pertama sepanjang 4,5 kilometer antara Cigombong-Cicurug, lalu sepanjang tiga kilometer lokasi yang sama.

“Jadi ini masuk segmen satu sepanjang 26,8 kilometer dimana kebutuhan lahan mencapai 220.000 meter persegi,” katanya.

Proyek ini merupakan realisasi arahan dari Presiden sebagai program strategis nasional untuk
menyediakan sarana transportasi orang dan barang di daerah Cicurug hingga Cigombong.

“Kemudahan dan percepatan transportasi barang dan orang ini dapat berdampak signifikan pada peningkatan ekonomi masyarakat Cicurug dan Cigombong,” katanya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close