Lintas Daerah

Prosesi Adat Kanjauan pada Paripurna HUT Lampung

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Ada yang tak biasa pada Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-54, Senin (19/3/2018). Rapat Paripurna Istimewa tersebut dimulai dengan prosesi adat Kanjauan.

Rombongan Pjs Gubernur Lampung, Didik Suprayitno, didampingi jajaran Forkopimda diarak dari gedung kantor gubernur menuju Gedung DPRD Provinsi Lampung dengan mengenakan pakaian adat. Saat tiba, sebelum memasuki ruang paripurna dilakukan prosesi tanya jawab oleh “juru baso” dari pihak tamu dan pihak tuan rumah.

Setelah prosesi tersebut, Pjs Gubernur Didik disambut Ketua DPRD Lampung, Dedi Afrizal, untuk memasuki ruang rapat paripurna. Suasana hangat dan meriah terasa dalam acara itu. Jajaran pemprov dan saat tiba di depan gedung DPRD Lampung, rombongan Pjs Gubernur disambut dengan prosesi adat Lampung berupa tanya jawab oleh “juru baso” dari pihak tamu dan pihak tuan rumah. Kemudian melakukan foto bersama.

Lembaga eksekutif dan legislatif ini memang bertekad mensukseskan rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT Lampung yang mengusung tema “Pembangunan Sukses, Lampung Maju, Rakyat Sejahtera.”

Dalam sambutannya, Pjs Gubernur Didik menjelaskan, di usia ke-54 Provinsi Lampung telah menapaki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Seluruh bidang mengalami perkembangan pesat dari sisi pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Didik juga mengucapkan terimakasih kepada para pejuang, perintis, dan pendiri yang telah berjasa dalam memajukan Provinsi Lampung. Ia mengajak seluruh komponen menjadikan HUT ke-54 sebagai sarana introspeksi diri demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

Saat ini, jelas Didik, Provinsi Lampung tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat dan diiringi dengan berbagai program prioritas pembangunan. Provinsi Lampung tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat, di antaranya peningkatan daya saing dari peringkat 25 menjadi peringkat 11, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,21persen berada di atas rata-rata nasional sebesar 5.06 persen.

“Selain itu, pemprov juga terus memfokuskan untuk memantapkan infrastruktur jalan, mengurangi kemiskinan dan lainnya. Lebih dari itu, terus meningkatkan prioritas pembangunan di sektor pariwisata, industrialisasi dan ketahanan pangan,” ujarnya.

Didik mengajak seluruh lapisan masyarakat Lampung untuk berkomitmen dalam meningkatkan sinergi, serta berkeyakinan sungguh-sungguh untuk mewujudkannya.

“Dengan berbagai potensi yang dimiliki Lampung, baik di sektor pariwisata, hasil bumi dan lainnya, diharapkan agar mampu lebih dikembangkan untuk kemakmuran bagi masyarakat Lampung. Terutama di sektor pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan Bandara Radin Inten II menjadi Bandara Internasional, peningkatan transportasi di daerah, dan lainnya,” jelasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close