Ekonomi

Program Kewirausahaan Pertanian, BNI kucurkan KUR senilai Rp207 miliar

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PT Bank Negara Indonesia mengucurkan dana Rp207 miliar dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat kepada 9.536 petani sebagai bagian dari Program Kewirausahaan Pertanian.

“Untuk mempermudah apliasi KUR dan monitoring produksi pertanian telah ada fasilitas digital melalui aplikasi Logistik Tani (Logtan),” kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dalam Gerakan Mengawal Musim Tanam Oktober 2018 – Maret 2019 (OKMAR 2018/2019) di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1/2019).

Keikutsertaan BNI sebagai bank BUMN dalam program tersebut untuk memastikan agar para petani mendapatkan akses pembiayaan yang murah, mudah, disertai pendampingan selama musim tanam Oktober – Maret.

“Gerakan ini diharapkan menjadi salah satu penopang program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas petani, pemerataan pendapatan, dan pengentasan kemiskinan,” kata Achmad Baiquni. Pada program itu juga petani pangan akan mendapatkan pembeli siaga atau offtaker.

Gerakan Mengawal Musim Tanam (GMMT) OKMAR 2018/2019 merupakan sinergi antara BNI dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memastikan seluruh kegiatan produksi petani dapat dikawal sedini mungkin dalam hal penyediaan seluruh sarana dan prasarana produksi pertanian.

Di setiap lokasi GMMT aktivitas yang dilakukan meliputi pelaksanaan padat karya tunai normalisasi saluran irigasi (kurang lebih lima kilometer), penyaluran KUR & Kartu Tani, serta kegiatan tanam massal.

GMMT OKMAR 2018/2019 di Garut merupakan bagian dari kegiatan serupa yang rencananya secara simultan dilakukan di 56 titik sentra komoditas pertanian unggulan di Seluruh Indonesia. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close