Metropolitan

Program Anies DP Rp 0 Paling Tak Dirasakan Manfaatnya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga Populi Center memaparkan hasil surveinya terkait tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja dan program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hasilnya, ternyata program DP Rp 0 dianggap paling tidak dirasakan manfaatnya.

Survei dilakukan Populi pada 9-18 September 2019. Survei menggunakan kuesioner eksperimental dengan kaidah probability sampling di 6 kabupaten/kota di DKI Jakarta.

Jumlah responden 600 orang, proporsi laki-laki dan perempuan sebanyak 50 persen dengan margin of error kurang-lebih 4,00 persen.

Dalam survei, responden diminta menilai program mana yang paling dirasakan dan tidak dirasakan kegunaannya. Selain itu, responden diminta untuk menilai kinerja pemprov DKI Jakarta.

Peneliti dari Populi, Jefri Adriansyah, menyebutkan, sebanyak 58,5 persen masyarakat menilai puas dengan kinerja Pemprov DKI Jakarta. Namun sebanyak 13,1 persen menilai kinerja Pemprov DKI Jakarta tidak mengalami perubahan.

“Kemudian untuk kepuasan kinerja Pemprov DKI Jakarta, secara keseluruhan masyarakat menjawab puas,” kata Jefri di Jakarta, Senin (14/10/2019).

“Penilaian atas kinerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam 1 tahun terakhir, bagus kinerjanya sebanyak 20,1 persen. Kemudian selanjutnya ada lagi yang menilai bahwa dia tidak ada perubahan itu 13,1 persen,” imbuhnya.

Terkait program kerja, disebutkan program yang paling dirasakan masyarakat adalah KJP Plus sebanyak 37 persen. Sedangkan program yang tidak dirasakan masyarakat adalah DP 0 rupiah.

“Program yang paling dirasakan manfaatnya, itu 37 persen KJP Plus. Program yang paling tidak dirasakan manfaatnya, ini ada program DP 0 rupiah sebesar 16,5 persen,” kata Jefri.

Berikut ini hasil survei Populi Center terkait program kerja Anies yang paling dirasakan dan tidak dirasakan masyarakat:

Program paling dirasakan manfaatnya oleh responden:

Program KJP Plus 37,0 persen
Tidak ada 10,0 persen
Program BPJS 9,2 persen
Program JAK-Lingko 7,8 persen
Jakarta Bersih 2,0 persen
Program KIS 1,9 persen

Program paling tidak dirasakan manfaatnya oleh responden:

Tidak ada 30,0 persen
Program DP Rp 0 16,5 persen
Program KJP Plus 6,6 persen
Bantuan Lansia 4,5 persen
Program PKH 3,6 persen
Bantuan Sosial 2,7 persen

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close